-->
    |

Peringati HKN ke-56, Dinkes Sumut Kampanyekan 3 M



INILAHMEDAN - Medan: Saat ini, perubahan perilaku masyarakat untuk pencegahan dan penularan Covid-19 dinilai belum efektif.

Maka, melalui peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke 56 tahun ini, Dinas Kesehatan kembali mengkampanyekan 3 M yaitu memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan pakai sabun.

Hal ini dikatakan Kepala Dinas Kesehatan Sumut dr Alwi Mujahit Hasibuan usai pelaksanaan kegiatan di lapangan Gajah Mada Medan, Sabtu (7/11/2020) kepada wartawan.

"Perubahan perilaku masyarakat belum efektif, maka peringatan HKN tahun ini, apalagi dengan situasi pandemi Covid-19, kita laksanakan program 3 M dengan membagi masker dan melakilan sosialisasi pentingnya kesehatan," ujarnya. 

Dijelaskannya, setiap tahun dilakukan refleksi peringatan HKN, apa yang sudah dilakukan. Tahun ini, karena situasi Covid-19, hampir semua kegiatan program mengalami penurunan. Karenanya, diharapkan, ke depannya, bisa mendorong, menggalakkan kembali  program program yang ada. 

"Makanya, tema tahun ini Satukan Tekad Menuju Indonesia Sehat. Kita betul betul satukan langkah juga komponen masyarakat karena kesehatan menyangkut hajat hidup orang banyak," ujar Alwi didampingi Sekretaris Dinas Kesehatan Sumut dr Aris Yudhariansyah dan Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Prov. Sumut Hery Valona B Ambarita, SKp, M, Pd, M. Kes.

Maka, lanjut Alwi lagi, pihaknya menerapkan protokol kesehatan, termasuk di masyarakat yaitu 3M. Sedangkan dinas kesehatan melaksanakan Testing, Tracing dan Treatmen (3T).

"Diharapkan di masyarakat dilakukan 3 M dengan indikator terjadi perubahan perilaku yang kita harapkan juga adanya perubahan disiplin dengan Pergub/Perwal," bilangnya.

Dengan 3 M dan 3 T, harapnya lagi, dapat memutus mata rantai penularan Covid-19.

Hery Valona B Ambarita yang juga ketua panitia menambahkan, kegiatan yang dilakukan yaitu pengabdian masyarakat seperti pembagian masker, pembagian obat gratis, makanan dan minuman kesehatan, penyuluhan kesehatan dan CTPS, pemeriksaan mata dan pembagian kaca mata gratis, test kebugaran untuk umum, donor darah, kampanye mobil bergerak, pemeriksaan kesehatan seperti rapid test dan pemeriksaan darah yang akan di laksanakan di 2 lokasi yaitu hari pertama di lapangan Gajah Mada dan hari ke dua di lapangan Merdeka Medan. (imc/fat)


Komentar

Berita Terkini