-->
    |

DPRDSU Desak Tim Forkopimda Medan Selesaikan Konflik di GBKP Kemenangan Tani



INILAHMEDAN - Medan: Sekretaris FP Demokrat DPRD Sumut Parlaungan Simangunsong mendesak Tim Forkopimda Medan bergerak cepat menyelesaikan konflik di tubuh GBKP Kemenangan Tani Km 12 Medan yang saat ini telah terjadi dua kubu di tengah jemaat.
     
"Jangan biarkan perpecahan atau kubu-kubuan antar jemaat di lingkungan gereja. Tim Forkopinda Medan yang sudah dibentuk untuk menyelesaikan konflik ini harus bergerak cepat menuntaskannya," ujar Parlaungan Simangunsong kepada wartawan, Rabu (21/10/2020) melalui telepon menanggapi konflik yang terjadi di GBKP Kemenangan Tani Km 12.
       
Seperti diketahui, tandas Parlaungan, saat ini di GBKP Kemenangan Tani Km 12 Kecamatan Medan Tuntungan telah terjadi perpecahan menjadi dua kubu/kelompok. Satu pihak jemaat pendukung Pdt MP yang menguasai  gedung gereja itu dan satu pihak lagi kelompok Tim 12 yang berada di luar gedung GBKP di bawah naungan Klasis GBKP Menara (Medan - Namorambe).
     
Jemaat yang tergabung dalam Tim 12  sudah satu bulan terpaksa kebaktian di trotoar pinggir jalan depan gereja, karena pintu gerbang ditutup dan  tidak diizinkan masuk ke gereja oleh jemaat yang menguasai gereja yang dipimpin Pdt MP.
         
Melihat situasi ini, Sekretaris Komisi D ini mendesak Tim Forkopimda dan Moderamen GBKP selaku induk organisasi GBKP segera menyelesaikan konflik tersebut dengan cara win-win solusi, agar konflik tidak semakin meluas.
                 
Sedang Bekerja

Menanggapi desakan tersebut,  Tim Forkopimda melalui Odie Prasetyo dari Pemko Medan menjelaskan pihaknya sedang bekerja keras untuk mengumpulkan informasi dari berbagai pihak, termasuk dari jemaat Tim 12  maupun dari kelompok Pdt MP.
     
"Dalam waktu dekat ini, kita juga menjadwalkan bertemu dengan pengurus Moderamen GBKP di Kabanjahe, untuk mencari informasi secara akurat," ujar Odie sembari menjelaskan untuk menyelesaikan konflik intern ini membutuhkan waktu lama.
      
Diakui Odie, sebenarnya tim baru bekerja dan pertama kali melakukan rapat dengan pihak Moderamen GBKP, Kelompok Tim 12, PGI Medan, FKUB, unsur Forkopinda Medan dan sejumlah instansi terkait di Kantor Wali Kota Medan sebulan lalu. Tapi pihak Pdt MP saat itu tidak hadir.
     
"Kita juga sudah mendatangi pihak Pdt MP di GBKP Kemenangan Tani, tapi belum bisa bertemu dan kita sudah bertemu dengan Tim 12 untuk mendalami informasi," ujar Odie sembari mengatakan pihaknya sangat serius menyelesaikan konflik ini agar jangan sampai berlarut-larut.(imc/is)

Komentar

Berita Terkini