-->
    |

Bupati Asahan Ajak Masyarakat Ikuti Program Kartu Prakerja

Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Asahan Rahmat Hidayat Siregar

INILAHMEDAN - Asahan: Bupati Asahan Surya BSc mengajak masyarakat Asahan turut serta dalam kesempatan mengikuti program Kartu Pra Kerja.

Demikian dikatakan Bupati melalui Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Asahan Rahmad Hidayat Siregar kepada wartawan di ruang kerjanya, Kamis (16/04-2020).

Dayat menjelaskan, program tersebut ditujukan untuk pencari kerja, pekerja per PHK atau pekerja yang membutuhkan peningkatan kompetensi dengan Dasar Hukum Perpres No 36 Tahun 2020, Permenko Bidang Perekonomian No 3 Tahun 2020, PMK No 25 Tahun 2020.

Syarat penerima program tersebut minimal usia 18 tahun, Warga Negara Indonesia (WNI), sedang tidak mengikuti pendidikan formal, prioritas korban PHK untuk pekerja di dektor formal & informal, UMK & Koperasi yang mengalami kesulitan usaha karena terdampak Covid-19.

"Penerima Kartu Pra Kerja seluruh Indonesia tahun 2020 sebanyak 5,6 juta, sedangkan untuk Sumatera Utara sebanyak 183.904 dengan kuota perminggu 5.409 orang," kata Dayat.

Manfaat Kartu Prakerja, kata dia, berupa pelatihan, insentif, sertifikat pelatihan dan penerima manfaat (peserta) Kartu Prakerja harus pekerja sektor formal korban PHK, pekerja harian di sektor informal korban PHK dan kesulitan usaha, UMK dan koperasi yang mengalami kesulitan usaha. Peserta akan menerima Rp3.550.000. Rp1 juta untuk pelatihan online,
Rp600.000/bulan selama 4 bulan untuk insentif, Rp50.000/survei (3x survei).

Dayat mengatakan penyelenggara pelatihan adalah lembaga pelatihan swasta BUMN & BUMD,
Lembaga pelatihan pemerintah
(Kemnaker, Tokopedia, Bukalapak, Pintaria, Skill Academy, Sekolahmu, Pijar Mahir, Mau Belajar Apa),
Mintra Pembayaran (OVO, BNI, Link Aja).

Pendaftaran dibuka sejak 11 April 2020 selama 24 jam. Untuk
Nomor Layanan Kartu Pra Kerja (021-25541246 Senin-Jumat Pukul 08:00 -19:00 WIB).

Yang disiapkan sebelum mendaftar program Kartu Prakerja yakni HP atau komputer yang terkoneksi dengan jaringan internet yang stabil, email dan nomor HP yang aktif, foto KTP dan foto selfi dengan memegang KTP dengan JPEG yang kecil,
Jertas dan alat tulis untuk mengikuti tes kemampuan dasar.

Pendaftaran di www.kemnaker.go.id dengan memilih Daftar Sekarang, lslu isi semua biodata yang diminta dan DAFTAR SEKARANG. Periksa konfimasi yang dikirim via email dan login kembali dengan username dan pasword yang telah didaftarkan.

Kemudian Piliih Menu pelayanan PRAKERJA, pilih 1, Daftar di website Kartu Prakera, Daftar Sekarang dengan email yang telah didaftarkan di akun www.kemnaker.go.id dan pasword yang diingat dan contreng lalu klik DAFTAR.

Kemudian cek Konfirmasi yang telah dikirim melalui email dan silakan Login dengan user name dengan pasword dan Login, isi semua biodata yang diminta, upload KTP dan Foto Selfi yang telah disediakan. Setelah selesai ada konfirmasi melalui SMS. Dan jawab 2 pertanyaan yang diajukan masalah pekerjaan selanjutnya.

Ikuti Tes Kemampuan Dasar dengan menjawab 18 pertanyaan dengan waktu 20 menit (siapkan kertas dan alat tulis), jawab semua pertanyaan yang diajukan sampai selesai hingga muncul Gelombang Pilihanmu sedang dievaluasi. Yang artinya pendaftaran kartu Prakerja telah selesai dan menunggu hasil kelulusan.

"Jika dinyatakan tidak lulus bisa ikuti Tes Kemampuan dasar untuk gelombang berikutnya dan hubungi Disnaker Kab Asahan untuk informasi selengkapnya" tutup Dayat.(imc/adlin)
Komentar

Berita Terkini