|

TNI-Polri Gelar Rapim Sinergitas


INILAHMEDAN - Jakarta : Rapat pimpinan (Rapim) TNI-Polri yang digelar merupakan penegasan Soliditas dan menjadi harga mati.

Hal itu ditegaskan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahyanto dan Kapolri Jenderal Idham Azis di Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur, Selasa (28/01/20).

Rapim dihadiri para pejabat utama AD, AL, AU, Polri serta para Kapolda dan Pangdam se-Indonesia. Dengan tema 'Dilandasi Profesionalitas, Soliditas dan Sinergitas, TNI-Polri Siap Mengamankan Pilkada Serentak Tahun 2020 Serta Mengawal Pembangunan Nasional Dalam Rangka Menuju Indonesia Maju'.

Sebanyak 359 perwira tinggi TNI-Polri, Panglima TNI mengatakan tantangan tugas ke depan pada 2020 berat sehingga sinergitas dan soliditas TNI-Polri adalah harga mati dan menjadi kesuksesan dalam menghadapi tantangan tugas tersebut.

" Pada tahun ini kita dihadapkan pada tantangan tugas pengamanan Pilkada serentak dan PON XX di Papua, termasuk manajemen disaster akibat hujan juga antisipasi musim kemarau berkepanjangan dan upaya menjaga sumber daya alam dari eksploitasi ilegal, maka  TNI-Polri harus solid dan sinergis, itu harga mati dan kunci untuk sukses," ujarnya.

Panglima juga mengingatkan agar prajurit TNI dan insan Bhayangkara harus selalu siap menghadapi perubahan dan dampaknya di tengah persaingan global saat ini.

" Presiden Jokowi sudah mengingatkan kita, di tengah persaingan global, siapa yang cepat membaca peluang, pasti bisa maju," jelasnya.

Selain itu, Panglima juga menyampaikan kepada para perwira tinggi TNI-Polri tentang P5 yaitu Proper Planning Prevent Pissful Performance atau perencanaan yang baik akan menghasilkan kinerja yang baik.

" Jaga netralitas dalam Pilkada, hilangkan ego sektoral, serta tingkatkan kepedulian dengan optimalisasi deteksi dini dan pencegahan dini. Dengan demikian kita sudah menjaga amanah dan kepercayaan masyarakat kepada TNI-Polri sebagai pilar utama bangsa," sebutnya.

Kapolri Jenderal Polisi Idham Azis mengatakan Rapim harus diberdayakan menjadi sarana untuk menyusun formula strategis dan langkah-langkah bersama dalam menghadapi tantangan tugas ke depan.

Kapolri mengapresiasi pada sinergitas dan soliditas TNI Polri yang telah terjalin dalam pelaksanaan tugas selama ini.

" Ingat, sinergitas dan soliditas itu menjadi harga mati dalam tugas, harus mengkristal dalam pikiran, perasaan dan perbuatan," tuturnya.

Kapolri menyebut bahwa menjalani amanah bukanlah tentang siapa yang hebat namun kebersamaan tidak dapat dinilai dengan apapun.

"Perlu dukungan para pimpinan TNI-Polri untuk bisa bersama-sama dalam menghadapi tantangan tugas ke depan. Negara menaruh harapan besar pada TNI-Polri sebagau pilar utama keutuhan bangsa," tukasnya. (*/joy)

Komentar

Berita Terkini