-->
    |

Kacab II PD Pasar dan Jajaran Babat Rumput dan Korek Parit di Pasar Induk Lau Cih


INILAHMEDAN - Medan: Direktur Utama PD Pasar Kota Medan Rusdi Sinuraya terus memantau kegiatan Jumat Bersih di 53 pasar tradisional di bawah naungannya. 

Pada Jumat Bersih untuk wilayah Cabang II ini dikonsentrasikan di Pasar Induk Lau Cih Kecamatan Medan Tuntungan, Jumat (17/01/2020). Gotong-royong yang melibatkan para kepala pasar, staf dan karyawan itu berupa pengorekan drainase di lingkungan pasar, membabat rumput liar dan membakar sampah yang berserakan. Gotong-royong dipimpin Kepala Cabang (Kacab) II PD Pasar Kota Medan Jalil Muhammad.

"Konsentrasi kita pada Jumat Bersih ini membersihkan saluran parit dari endapan sampah. Kita juga membabati rumput-rumput dan mengumpuli sampah lalu membakarnya. Ini instruksi dari Pak Dirut," kata Kacab II Jalil Muhammad di sela gotong-royong.

Jalil juga dalam kesempatan itu terlihat memberikan arahan-arahan kepada kepala pasar-kepala pasar di wilayah Cabang II untuk tidak jemu mengimbau para pedagang pasar agar selalu menjaga kebersihan pasar.

"Motto PD Pasar Medan 'Pasar Rumah Pedagang' harus menjadi mindset para pedagang. Dan ini wajib disosialisasikan terus-menerus para kepala pasar yang bersentuhan langsung dengan para pedagang. Jika mindset ini mulai tertanam di benak pedagang, seperti yang pernah disampaikan Pak Dirut, maka dengan sendirinya kebersihan dan kenyaman pasar bakal menjadi tanggung jawab pedagang karena pasar sudah mereka anggap rumah sendiri," kata Jalil.

Sementara Dirut PD Pasar Kota Medan Rusdi Sinuraya mengatakan kegiatan Jumat Bersih ini sudah dimulai pada tahun lalu yang merupakan tindak lanjut dari perlombaan Bersih-Bersih Pasar.

"Namun di tahun ini intensitas Jumat Bersih makin massif kita laksanakan setiap Jumat. Kali ini Jumat Bersih serentak di lakukan di tiga pasar di bawah naungan cabang 1, 2 dan tiga.

"Apel pagi yang setiap minggu dilaksanakan dua kali di PD Pasar Medan, kita buat menjadi satu kali dan diganti dengan kegiatan Jumat Bersih di pasar-pasar tradisional," kata Rusdi seraya menambahkan dirinya akan terus memantau kegiatan Jumat Bersih ini agar benar-benar dilaksanakan secara maksimal.

"Intinya PD Pasar Medan akan terus berupaya menciptakan pasar yang bersih dan nyaman. Jika ini tercipta maka masyarakat pun senang berbelanja dan pedagang pun sejahtera karena omsetnya naik," sambung Rusdi.

Kegiatan Jumat Bersih di pasar tradisional yang rutin dilakukan PD Pasar Medan mendapat respon positif dari pedagang.

"Sejak PD Pasar dipimpin Pak Rusdi, kami akui ada perubahan signifikan di pasar-pasar tradisional. Salah satunya penataan pasar cukup baik. Beliau (Rusdi-red) juga sangat peduli dengan pedagang karena sering blusukan ke pasar untuk menampung aspirasi dan keluhan pedagang," kata Beru Ginting, pedagang sayur-mayur di Pasar Induk Lau Chi.

Beru Ginting juga mendengar adanya terobosan Dirut PD Pasar Medan Rusdi Sinuraya untuk menciptakan Kampung Milenial di Pasar Muara Takus.

"Itu ide brilian. Beliau ini (Rusdi-red) punya visi membangun Kota Medan. Pantasnya beliau ini pemimpin Medan. Kami dengar Pak Rusdi juga ikut Pilkada Medan. Pasti kami dukung. Apalagi Pak Rusdi merupakan anak pedagang. Paslah udah itu," katanya.(imc/bsk)

Komentar

Berita Terkini