|

Usai Jumat Mengaji, Dirut PD Pasar Pantau Jumat Bersih di Pasar Bakti


INILAHMEDAN - Medan: Direktur Utama (Dirut) PD Pasar Kota Medan Rusdi Sinuraya memantau kegiatan 'Jumat Bersih' di Pasar Bakti usai melaksanakan 'Jumat Mengaji' di kantornya, Jumat (29/11/2019).

Kehadiran Rusdi untuk mengecek langsung program yang sudah digagasnya itu apakah berlangsung optimal atau tidak.

Kegiatan 'Jumat Bersih' hari itu terkonsentrasi dengan melakukan pengorekan saluran drainase yang tumpat di lingkungan pasar agar mengalir kembali. Kegiatan ini dipimpin Kepala Cabang I Syafrizal Lubis dan Kepala Pasar Bakti Dicky Chandra dan juga diawasi Direktur Operasional PD Pasar Kota Medan Yhoni Anwar.

Di sela-sela kegiatan, jajaran PD Pasar juga melakukan penataan pasar dengan membongkar beberapa lapak pedagang yang berdiri di atas parit dan terlihat kumuh. 

Aksi 'Jumat Bersih' pagi itu mendapat sambutan hangat dari pedagang pasar meski aktivitas jual beli cukup ramai. Para pedagang juga sangat terkesan ketika melihat Rusdi memungut sampah yang baru saja dikorek dari dalam parit meski masih mengenakan baju batik usai menghadiri kegiatan 'Jumat Mengaji' di kantor PD Pasar Medan.

Usai kegiatan, Rusdi juga blusukan ke dalam pasar untuk melihat dari dekat aktivitas pedagang di sana sekaligus menampung aspirasi pedagang dalam menata pasar lebih baik lagi.

"Itu lo pak Dirut. Sengnya ada bocor dikit aja. Kok hujan kena juga kami," kata ibu pedagang lontong saat Rusdi singgah di lapaknya.

Selain mencicipi dagangan penjual lontong itu, tiba-tiba muncul beberapa pedagang wanita lainnya mengerumuni Rusdi hanya untuk meminta berfoto. Rusdi pun meladeninya dengan gembira. Usai foto, kaum ibu itu juga ikut nimbrung berbincang-bincang dengan Rusdi. 

Aksi spontanitas sejumlah pedagang juga memjadi perhatian pedagang lainnya meski sedang sibuk melayani pembeli. Seorang wanita pedagang pecal misalnya. Dia berharap Rusdi menyambangi tempat jualannya.

"Bilanginlah bang biar pak Dirut singgah juga di sini. Kami kan pengen juga foto bersama," kata perempuan itu sambil mengaduk bumbu dagangan pecalnya kepada www.inilahmedan.com.

Kehadiran Rusdi juga menjadi perhatian para pembeli di sana. "Pak Dirut PD Pasar ya. Ini baru lihat langsung. Biasanya lihat fotonya aja. Sangat bersahaja," ujar ibu-ibu yang mengenakan kerudung.

Sebelum beranjak dari pasar, Rusdi Sinuraya kembali menekankan ada dua agenda utama yang harus dilakukan setiap hari Jumat. Pertama kegiatan 'Jumat Bersih' di pasar-pasar yang dilakukan secara bergiliran dan kedua kegiatan 'Jumat Mengaji' di kantor PD Pasar Medan dengan melibatkan unsur pegawai dan staf yang beragama Islam.

"Saya juga menekankan kepada pedagang kalau 'Medan Rumah Kita' dan 'Pasar Rumah Pedagang'. Jadi harus kita rawat rumah kita ini biar tamu pun (pembeli) nyaman datang," katanya.

Rusdi juga mengucapkan terima kasih kepada pedagang yang sudah menyuguhi lontong, pisang dan ubi. 

"Terima kasih banyak atas suguhannya," katanya.

Setelah itu Rusdi dan jajaran PD Pasar berfoto bersama dengan para pedagang di halaman parkir pasar tersebut.(imc/bsk)
Komentar

Berita Terkini