-->
    |

Rombongan Farm Trip Maroko: Sumut Sulit Dilupakan...


INILAHMEDAN - Medan: Perjalanan eksplor destinasi wisata Sumatera Utara (Sumut) yang dilakukan rombongan Familiarization (Fam) Trip asal Maroko yang terdiri dari tour operator dan media berakhir.

Kepulangan mereka dari perjalanan disambut dengan jamuan makan malam oleh Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Sumut, Sabrina, di Sondoro Seafood, Jalan Brigjend Katamso Medan, Minggu (03/11/2019) malam.

Berkesan dan sulit dilupakan menjadi dua kata yang mereka sebut untuk menyimpulkan keseluruhan perjalanan selama di Sumut.

"Meski melewati perjalanan yang begitu panjang dari Maroko, namun semua lelah kami terbayar saat melihat indahnya alam Sumut. Perjalanan kami sudah pasti sangat berkesan dan sulit dilupakan," kata Hassan El Attafi, jurnalis senior saat menyampaikan kesan yang dirasakan selama melakukan Fam Trip.

Mewakili tour operator, Fatima Zahra Imzouarh pemilik travel agensi di Maroko dengan koneksi ke berbagai negara khususnya Eropa juga merasakan hal yang sama.

"Amat berkesan, lelah kami hilang saat disambut dengan senyum dan ramah-tamah penduduk lokal tempat yang kami kunjungi. Saat pulang, kami berjanji akan promosikan Sumut di Maroko, meskipun sebenarnya kurang adil, karena cerita dan deskripsi kami tentang Sumut tak akan sebanding dengan keindahan yang sesungguhnya. Begitulah bagiku Sumut, keindahannya sulit digambarkan hanya dengan kata-kata dan gambar," puji Fatima.

Sebagai langkah awal untuk membantu promosi Sumut, kata Fatima, keempat tour operator rombongan Fam Trip Maroko akan melakukan rapat dengan Association of The Indonesian Tours and Travel Agencies (Asita) Sumut. Salah satunya membahas strategi menciptakan paket perjalanan yang efisien, mudah, dan nyaman dari Maroko ke Sumut.

Nisrine Znaidi, staf KBRI asli Maroko juga bersyukur akhirnya bisa berkunjung ke Indonesia setelah belasan tahun bekerja di KBRI.

"Negeri yang luar biasa indah. Ini baru bagian kecil dari Indonesia yang saya lihat. Saya ingin kembali dan melihat tempat-tempat lainnya. Membuat saya bangga sebagai orang Maroko asli yang bekerja di KBRI," ucap Nisrine, yang disambut dengan tepuk tangan.

Sekdarov Sumut Sabrina menyampaikan ucapan terima kasih, khususnya kepada Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh Republik Indonesia untuk Maroko Hasrul Azwar yang telah menginisiasi terselenggaranya Fam Trip.

"Ternyata beliau ini adalah sosok yang tidak lupa dengan kampung halaman. Ini adalah bentuk semangat beliau untuk membangun Sumut," tutur Sabrina.

Seperti tujuan awal dari Fam Trip, Sabrina berharap rombongan akan membantu menyebarluaskan pengalaman yang mereka lalui di Sumut kepada masyarakat luas, tidak hanya di Maroko, tetapi juga di seluruh dunia. Sabrina juga meminta peserta agar memberi masukan, kritik, dan saran sehingga Pemprov Sumut bisa melakukan peningkatan-peningkatan di sektor pariwisata.(imc/bsk)


Komentar

Berita Terkini