|

Penyuluhan Satgas TMMD: Kelestarian Sungai Jadi Masa Depan Anak dan Cucu


INILAHMEDAN - Sipispis : Dalam materi penyuluhan Limbah dan Sungai, Satgas TMMD 106 Kodim 0204/Deliserdang mengingatkan warga untuk menjaga kelestarian sungai. Karena sungai merupakan masa depan bagi anak dan cucu.

Demikian salah satu satu poin penting materi penyuluhan yang dikerjasamakan Satgas TMMD dengan Dinas Lingkungan Hidup Pemkab Sergai di Balai Desa Desa Buluh Duri, Kecamatan Sipispis, Kabupaten Sergai, Sumut, Senin (21/10/2019) malam.

“Sungai bukan tong sampah, tetapi sungai adalah masa depan untuk anak dan cucu. Karena itu, menjaga kelestarian sungai perlu dilakukan dari sekarang, sehingga keasriannya tetap terawat dan terjaga,” ucap staf Dinas LH Sergai, Khairul dalam penyampaian materinya.

Dalam kegiatan ini, Khairul mengajak masyarakat untuk menjaga lingkungan dan memanfaatkannya secara bijak.

“Mari kita sama-sama menjaga lingkungan dan memanfaatkannya secara bijak sehingga bisa kita wariskan kepada anak cucu kita. Pengolahan lingungan yang tidak tepat tentu akan merugikan kita di masa mendatang,” ujarnya.

Selain itu, jika lingkungan rusak bisa menimbulkan perubahan iklim dan bencana seperti banjir dan tanah longsor. “Wilayah kita saat ini dilintasi oleh Sungai Bah Bolon yang airnya masih jernih. Jika kita tidak bijak, maka suatu saat sungai inipun bisa tercemar dan bisa menimbulkan dampak negatif bagi kita,” katanya.

Khairul juga mengajak warga untuk menjaga kebersihan lingkungan dengan tidak membuang sampah secara sembarangan. Sampah yang ada, tambahnya, sebaiknya dikelola secara baik.

“Mari kita lakukan pemilahan sampah organik dan non organik. Jika tidak maka sampah dipastikan juga bisa menjadi sumber bencana bagi kita. Terutama sampah plastik yang tidak bisa terurai. Jangan pernah menjadikan sungai sebagai lubang sampah, karena Sungai Bah Bolon merupakan masa depan kita sampai ke anak cucu,” ujarnya.

Intinya Khairul tidak saja mengajak warga untuk bersama-sama menjaga lingkungan, tapi juga menularkan kesadaran untuk mencintai lingkungan kepada generasi muda. Sehingga akan tumbuh generasi yang mencintai lingkungan.

Sementara itu personel Koramil 15/SS Kodim 0204/DS Mahasmuni yang hadir pada penyuluhan itu mengatakan, TMMD ke-106 Kodim 0204/DS tidak hanya mengerjakan sasaran fisik, tapi juga non fisik.
“Sasaran non fisik dilakukan melalui penyuluhan dan malam ini kita melakukan penyuluhan tentang lingkungan Hidup dengan tema Limbah dan Sungai. Untuk itu mari sama-sama kita jaga kebersihan sungai dengan tidak membuang sampah ke sungai,” ajak Serma Mahasmuni.

Hadir pada kesempatan itu Plh Kepala Desa Buluh Duri Deri Andriani, tokoh agama M Yasin Abdi, tokoh masyarakat Ponen dan dihadiri para perangkat desa, Kadus 1, 2, 3, 5 dan Kadus 7 serta sekitar 43 warga Desa buluh Duri. (bsk/imc)
Komentar

Berita Terkini