|

Masyarakat Agamis Harus Ditunjang Dengan Ruang Ibadah yang Layak

Wakil Gubernur Sumut Musa Rajekshah

INILAHMEDAN - Medan: Masyarakat yang agamis adalah yang memiliki keimanan, taat ibadah, dan menjunjung nilai-nilai spiritual dalam aktivitas sehari-hari. 

"Semakin baik tingkat keimanan dan agama seseorang, maka semakin takut seseorang tersebut melakukan perbuatan tercela maupun kriminal," kata Wakil Gubernur (Wagub) Sumatera Utara (Sumut) Musa Rajekshah saat membuka Seminar Nasional Evaluasi Publik Penempatan Ruang Ibadah yang Representatif dan tempat wisata di Sumut, Kamis (10/10/2019) di Tiara Hotel and Convention Center, Medan.

Untuk mewujudkan masyarakat yang agamis, kata Wagub yang akrab disapa Ijeck, tentunya harus ditunjang dengan keberadaan ruang ibadah yang layak, khususnya di gedung-gedung fasilitas umum dan tempat wisata.

Ijeck mengapresiasi terlaksananya seminar nasional yang menghadirkan ragam pembicara profesional dari berbagai latar belakang. Ijeck berharap seminar akan menghasilkan kajian yang bisa menjadi masukan bagi Pemprov Sumut. 

Ijeck menyayangkan saat ini masih ada masyarakat yang ketika tidak menyetujui sesuatu lebih memilih untuk menyuarakan ketidaksetujuannya dengan cara-cara yang tidak santun. 

"Padahal bisa disuarakan lewat diskusi, kajian, seminar dengan para ahli atau cara lain yang sifatnya juga ingin membangun," katanya.

Sebelumnya, Ketua Panitia Pelaksana yakni Ketua PW Ikatan Sarjana Nahdlatul Ulama (ISNU) Sumut  Nispul Khoiri mengatakan maksud diadakannya Seminar Nasional ini sebagai bentuk kepedulian mengadvokasi persoalan-persoalan krusial di tengah masyarakat.

"Saat ini, masih banyak ruang ibadah yang kurang representatif, tak hanya untuk umat muslim tetapi juga umat agama lainnya. Misalnya, ditempatkan di sudut ruangan sempit, di tempat parkir, dan sebagainya. Di sini kita ingin mengevaluasi untuk jadi masukan nantinya," papar Nispul.(imc/bsk)
Komentar

Berita Terkini