|

Gaya Minimalis Rumah Anti Puting Beliung Karya Satgas TMMD


INILAHMEDAN - Sipispis : Satu lagi Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) yang merupakan sasaran fisik Satgas TMMD 106 Kodim 0204/Deliserdang berhasil dituntaskan dengan paripurna. Rumah anti puting beliung bergaya minimalis ini adalah milik Horaiman br Damanik.

Rumah dengan dinding persegi delapan ini memang dirancang khusus mengikuti arah mata angin. Bentuknya yang unik semakin menonjol di antara deretan rumah lain di sekitarnya.

“Sore tadi sudah rampung rumah untuk Nek Iman. Tinggal penyerahan kunci saja pada saat penutupan TMMD tanggal 31 Oktober mendatang,” kata Pelda Ricad Sinaga, personil Satgas TMMD yang memimpin pekerjaan pembangunan rumah Nek Iman, Sabtu (26/10/2019) malam.

Dijelaskan Pelda Ricad Sinaga, proses pembangunan RTLH Nek Iman praktis tidak menemui kendala berarti. Kecuali faktor cuaca yang kerap turun hujan, sehingga menjadikan progres pekerjaan sedikit melambat.

“Kalau sudah hujan, kami langsung tak bisa kerja. Tapi setelah reda, kami sudah pasti ngebut kerjanya, dan tak jarang lembur sampai malam untuk mengejar ketertinggalan waktu karena kendala cuaca,” kenang Pelda Sinaga.

Selama proses pembangunan rumah anti puting beliung untuk Nek Iman, Satgas TMMD melakukannya secara totalitas. Artinya, mulai dari tahap rancangan dan pengerjaan, semuanya dilakukan dengan teliti dan penuh perhitungan.

“Rumah Nek Iman inikan menjadi role model atau rumah contoh tahan bencana angin. Jadi, pembangunannya harus benar-benar sesuai dengan yang direncanakan,” ulas Pelda Sinaga.

Sementara, Khairil Azwar Saragih (57), anak keempat dari delapan bersaudara putra-putri Nek Iman mengaku bangga dan hormat dengan hasil kerja Satgas TMMD 106 Kodim 0204/DS.

“Hampir tak percaya saya melihat hasil kerja para Prajurit TNI ini. Bayangkan, hanya dalam tempo dua minggu lebih, rumah gubuk kami jadi megah seperti ini. Terima kasih bapak-bapak TNI. Semoga Allah SWT memberi balasan pahala berlipat ganda,” ucap Khairil.

Selain rumah anti puting beliung untuk Nek Iman yang berada di Dusun 5, Desa Pispis Kampung, Kecamatan Sipispis, Kabupaten Serdangbedagai (Sergai), Sumatera Utara, Satgas TMMD juga telah merampungkan satu lagi RTLH milik Sarwanto (47) di Dusun 2, Desa Pispis Kampung.

Dari empat sasaran fisik TMMD 106 Kodim 0204/DS, tinggal dua sasaran fisik lain yang terus dikebut perampungannya. Yakni pembukaan badan jalan sepanjang 1000 meter, dan pembangunan Jembatan Bah Bolon yang menghubungkan Desa Silau Padang dengan Desa Pispis Kampung. (bsk/imc)
Komentar

Berita Terkini