|

Lomba Bersih-bersih Pasar, Pasar Simalingkar Terbersih, Pasar Sentosa Baru Terjorok

Wali Kota Medan diwakili Asisten Ekonomi dan Pembangunan (Ekbang) Setdako Medan Khairul Syahnan menyerahkan piagam penghargaan kepada Kepala Pasar Simalingkar Bananda Suandi yang memenangkan juara pertama pasar terbersih pada program 'Bersih-bersih Pasar' yang digelar PD Pasar Medan di lantai 3 Pasar Petisah, Sabtu (17/08/2019). (foto: ist)

INILAHMEDAN - Medan: Perusahaan Daerah (PD) Pasar Kota Medan menggelar perayaan HUT ke-74 Kemerdekaan RI di lantai 3 Pasar Petisah, Sabtu (17/08/2019). Selain melaksanakan upacara bendera, acara juga diisi dengan serangkaian kegiatan. Salah satu kegiatan yang paling sensasional yang dilakukan Direktur Utama PD Pasar Medan Rusdi Sinuraya adalah perlombaan 'Bersih-bersih Pasar'.

Selain membentuk tim penilaian independen dengan melibatkan jajaran direksi dan kepala cabang, Rusdi juga melibatkan lembaga serfikasi sehingga penilaian yang dilakukan objektif.

Setelah dilakukan penilaian sejak 5 sampai 15 Agustus, tim penilai menetapkan Pasar Simalingkar sebagai pasar terbersih pertama. Kemudian Pasar Brayan menempati posisi kedua dan Pusat Pasar sebagai terbersih ketiga.

Sedangkan untuk pasar terburuk, peringkat pertama ditempati Pasar Sentosa Baru, Pasar Petisah Lantai I Tahap I di tempat kedua dan Pasar Sukaramai menempati peringkat ketiga.
Wali Kota Medan diwakili Asisten Ekonomi dan Pembangunan (Ekbang) Setdako Medan Khairul Syahnan menyerahkan piagam penghargaan kepada Jalil selaku Koordinator Cabang II yang membawahi 11 pasar karena meraih juara pertama pada pembinaan pasar di halaman kantor PD Pasar Medan di lantai 3 Pasar Petisah, Sabtu (17/08/2019). (foto: ist)

PD Pasar juga menetapkan Pasar Sei Sikambing sebagai Pasar Percontohan SNI 8152:2015. Kemudian memutuskan Cabang II sebagai cabang yang terbaik dalam pembinaan kepala pasar dalam program 'Bersih-bersih Pasar' tersebut. Sementara Cabang I ditetapkan sebagai cabang terburuk dalam pembinaan kepala pasar.

Sebagai bentuk apresiasi kepada para pemenang, Wali Kota Medan Dzulmi Eldin diwakili Asisten Ekonomi dan Pembangunan (Ekbang) Setdako Medan Khairul Syahnan menyerahkan piagam penghargaan. Bagi pasar terburuk diberikan kaos hitam dan langsung memakainya kepada kepala cabangnya.

Tidak hanya kaos hitam, kepala cabang pasar terjorok juga harus menandatangani fakta integritas. Dalam fakta integritas, mereka diberi waktu sebulan untuk membenahi kebersihan di pasar yang mereka pimpin. Apabila kepala cabang yang bersangkutan tidak mampu, maka pihak PD pasar akan mengambil tindakan tegas.
Direktur Utama PD Pasar Kota Medan Rusdi Sinuraya saat membuka perlombaan Tarik Tambang antar sesama karyawan PD Pasar dalam memeriahkan HUT ke-74 Kemerdekaan RI di lantai 3 Pasar Petisah, Sabtu (17/08/2019). (foto: ist)

Syahnan mengatakan, Wali Kota Medan sangat mengapresiasi dan mendukung penuh digelarnya lomba Bersih-bersih Pasar. Event ini, kata dia, salah satu upaya mengedukasi sekaligus memotivasi kepala cabang beserta jajaran guna menjaga kebersihan pasar.

“Bagi yang keluar sebagai pasar terbersih, saya mengucapkan selamat dan tidak langsung cepat puas. Jadikan penghargaan ini sebagai motivasi untuk lebih meningkatkan kinerja sehingga seluruh pasar di Kota Medan menjadi lebih bersih, aman, tenang dan nyaman ketika Kita berbelanja,” ungkap Syahnan.

Bagi pasar yang mendapatkan predikat terburuk, Syahnan berpesan, agar mereka tidak berkecil hati dan segera melakukan penataan sehingga tahun depan bisa meraih predikat terbaik.
Direktur Utama PD Pasar Kota Medan Rusdi Sinuraya berbaur dengan seluruh karyawan pada perayaan HUT ke-74 Kemerdekaan RI di lantai 3 Pasar Petisah, Sabtu (foto: ist)

Sebelumnya, PD Pasar juga melaksanakan serangkaian kegiatan seperti turnamen futsal, bulutangkis, trup gembira serta lomba tarik tambang. Seluruh jajaran PD Pasar mulai jajaran karyawan hingga kepala cabang tampak sangat antusias mengikuti seluruh rangkaian kegiatan yang digelar. Di samping itu juga diisi dengan acara pemotongan nasi tumpeng yang bertepatan 26 tahun usia PD Pasar Kota Medan.

Dirut PD Pasar Rusdi Sinuraya mengatakan rangkaian kegiatan digelar dalam memeriahkan HUT ke-74 Kemerdekaan RI sekaligus membangun kebersamaan serta meningkatkan tali silaturahmi di seluruh jajaran PD Pasar. Dengan terbangunnya rasa kebersamaan, Rusdi berharap akan tumbuh sense of belonging sehingga semua bersatu untuk memajukan PD Pasar.
Perayaan HUT ke-74 Kemerdekaan RI dirangkai dengan HUT ke-26 PD Pasar Medan ditandai dengan pemotongan nasi tumpeng dilakukan Wali Kota Medan diwakili Asisten Ekbang Pemko Medan Khairul Syanhan di lantai 3 Pasar Petisah, Sabtu (17/08/2019). (foto: ist) 

“Lomba Bersih-bersih Pasar merupakan kegiatan rutin yang digelar PD Pasar untuk memotivasi seluruh pasar yang ada di Kota Medan berbenah sehingga menjadi tempat transaksi jual-beli yang representatif. Bagi pasar terbaik kita beri penghargaan, sedangkan pasar terjorok kita beri waktu sebulan untuk melakukan pembenahan. Apabila tak mampu dilakukan, maka kita akan mengambil tindakan tegas,” katanya. (imc/bsk)

Komentar

Berita Terkini