|

Shri Mariamman Kuil Gelar Maha Puja Adhi Timithi Tiruvilla dan Ritual Tusuk Lidah

Acara ritual tusuk lidah dan badan di Shri Mariamman Kuil Tanjung Jati Binjai mendapat perhatian warga. (foto: eddysta)

INILAHMEDAN - Binjai: Shri Mariamman Kuil Tajung Jati Binjai Barat, Kabupaten Langkat, menggelar kegiatan Maha Puja Adhi  Timithi Tiruvilla di kuil tersebut, Ahad (28/07/2019).

Acara tahunan kalender Tamil Adhi Madhem itu dilaksanakan pada pertengahan Juli sampai pertengahan Agustus setiap tahunnya. Tujuannya untuk memberikan kebahagiaan dan kesehatan dengan memasak bubur sebagai persembahan untuk menolak bala.

"Persembahan ini sudah menjadi tradisi turun temurun di India dan masyarakat Hindu di dunia. Pada bulan ini ada juga yang berpuasa," kata Pinandita Nilaganden yang biasa disapa Nilen usai acara Adhi Madem dan Karagem di pelataran Shri Mariamman Kuil Desa Tanjung Jati, Binjai Barat, Kabupaten Langkat.

Nileganden didampingi Ketua Kuil Rajas Shelwa dan Pinandita K Selwa Rajen mengatakan sebagai wujud Dewi Shri Mariamman yang pengasih dan dihormati masyarakat Hindu, maka digelar acara ritual Puja Adhi Mathem Tiruvilla.

"Ini untuk memuja Dewi Shri Mariamman. Acara ini dilakukan dengan melakukan mandi di sungai untuk menghapus dosa, membersihkan rohani dan jasmani dari unsur kejahilan," katanya.

Acara tusuk lidah dan badan pada ritual itu mendapat perhatian cukup besar dari masyarakat. Arakan ritual Karagem akhirnya melintasi jalan sejauh dua kilometer diiringi tabuhan gendang Nadasnaran dari Malaysia dari areal perkebunan kelapa sawit di Tanjung Jati kemudian kembali ke kuil. Ritual menginjak bara api yang juga mendapat perhatian cukup besar dari masyarakat.

Pada kesempatan itu seluruh panitia perayaan Maha Puja Adhi Timithi Tiruvilla Shri Mariaman Kuil menyampaikan ucapan terima kasih  kepada aparat TNI dan kepolisan, Dirut PTPN,  Kepala Desa Tanjung Jati, Ormas FKPPI Binjai Barat pimpinan Beng Beng yang telah berpartisipasi mengamankan kegiatan ini  sehingga berlangsung lancar dan sukses.

“Semoga pada tahun depan acara ini bisa berlangsung lebih baik lagi,” ujar Panindita Nileganden.(imc/eddysta)



Komentar

Berita Terkini