|

Dubes Kanada Jajaki Peluang Kerja Sama Dengan Sumut


INILAHMEDAN - Medan: Duta Besar (Dubes) Kanada untuk Indonesia Peter Mac Arthur dan Kepala Bagian Perdagangan Konselor Kedutaan Besar Kanada Michael Lazaruk tertarik dengan perkembangan ekonomi Sumatera Utara. Mereka juga ingin menjajaki peluang peningkatan kerja sama.

Hal ini diungkapkan MacArthur usai berdiskusi dengan Sekretaris Daerah Pemprov Sumut Sabrina dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemprov Sumut di di kantor Gubernur Sumut Jalan Pangeran Diponegoro, Medan, Senin (24/06/2019).

Sektor yang menjadi perhatian Mac Arthur, salah satunya sumber daya alam, khususnya minyak kelapa sawit, karet dan kopi. Juga sektor pariwisata dan infrastruktur yang saat ini sedang didorong Pemerintah Provinsi Sumut. Perkembagan teknologi juga menjadi salah satu pembahasan dalam pertemuan itu.

“Saya tertarik ke sini karena Sumatera Utara memiliki perkembangan ekonomi yang menarik, khususnya dalam hal sumber daya alam, infrastruktur dan sektor pariwisata. Kanada dan Sumut punya hubungan kerja sama yang menarik, perdagangan dan investasi. Saya ke sini melihat potensi besar apa yang bisa kita lakukan ke depannya,” kata Peter Mac Arthur yang baru pertama kali ini datang ke Sumut.

Bidang teknologi juga menjadi sektor yang menarik pada pertemuan kali ini. Seperti mengubah sampah menjadi energi, peningkatan dan pembaharuan teknologi panas bumi, pembangkit listrik tenaga air, dan teknologi bersih. Mac Arthur juga melihat sektor pendidikan dan peningkatan sumber daya manusia (SDM) untuk pariwisata punya potensi untuk dikerjasamakan.

“Ada banyak peluang dan kerja sama yang bagus untuk dikembangkan antara Kanada dan Sumut seperti mengubah sampah menjadi energi, peningkatan teknologi panas bumi, tenaga air, teknologi bersih, kerja sama dengan infrastruktur. Ada juga dalam hal pendidikan generasi muda dan pengembangan SDM di kawasan pariwisata,” tambahnya.

Sekretaris Daerah Provinsi Sumut Sabrina mengatakan pertemuan ini masih tahap awal dan Pemprov Sumut akan menunggu respon dari pihak Kanada setelah diberikan penjelasan mengenai potensi-potensi Sumut dan sektor yang memungkinkan untuk bekerja sama.

“Kita tadi sudah menjelaskan potensi-potensi apa saja yang ada di Sumut dan juga bidang-bidang apa yang memungkinkan kita bekerja sama dengan mereka. Kita juga sudah menjelaskan apa yang menjadi fokus pemerintahan saat ini. Sekarang kita tunggu respon dari mereka, di bagian mana mereka tertarik untuk bekerja sama, setelah itu baru kita tindak lanjuti lagi,” katanya. (imc/bsk)

Komentar

Berita Terkini