|

Wali Kota Apresiasi UPBJJ UT Tawarkan Bantuan Untuk Guru PAUD


INILAHMEDAN - Medan: Wali Kota Medan Dzulmi Eldin menerima kunjungan Kepala Unit Program Belajar Jarak Jauh (UPBJJ) Universitas Terbuka (UT) Medan Sondang P Pakpahan di Rumah Dinas Wali Kota Jalan Sudirman Medan, Jumat (18/01/2019).

Selain ingin memperkenalkan program-program studi yang ada di UT dalam upaya meningkatkan sumber daya manusia di Kota Medan, juga ingin menawarkan program sertifikat untuk guru muda pendamping Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).

Sondang menjelaskan, UT dipercayakan pemerintah melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat (Ditjen PAUD Dikmas) untuk membuka program pelatihan kepada guru muda pendamping PAUD selama 6 bulan.
Dikatakannya, ada 7.100 guru pendamping muda PAUD yang akan mendapatkan program itu dari 39 UPBJJ di seluruh Indonesia, termasuk Kota Medan.

Sondang menjelaskan, biaya mengikuti program sertifikat sebesar Rp4.500.000 untuk 6 bulan. Dari jumlah tersebut, Dirjen PAUD Dikmas memberikan bantuan sebesar Rp2.200.000. Artinya, sisanya sebesar Rp2.300.000 bisa swadana dari guru muda pendamping PAUD yang mengikuti program tersebut.

“Untuk Kota Medan, kemungkinan kita mendapat kuota untuk 300 orang. Jumlah ini bisa bertambah, tergantung daerah lain. Apabila daerah lain kurang dalam mengirimkan peserta, tentunya kuota untuk Kota Medan akan ditambah lagi,” kata Sondang.

Usai mengikuti program sertifikat selama 6 bulan, jelas Sondang, guru muda pendamping PAUD akan mengikuti uji kompetensi. Apabila lulus uji kompetensi, mereka dapat meneruskan pendidikan S-1 dan langsung duduk di semester 3.
“Apabila tidak melanjutkan kuliah S-1, mereka telah memiliki sertifikat untuk bisa mengajar PAUD,” ungkapnya.

Dijelaskan Sondang, PAUD sekarang telah diakreditasi sehingga PAUD yang terakreditasi dengan baik harus memiliki guru-guru yang telah memiliki sertifikat dan lulus uji kompetensi. (imc/bsk)

Komentar

Berita Terkini