|

Akhyar Ajak Elemen Masyarakat Jaga Kebersihan Medan


INILAHMEDAN - Medan: Wakil Wali Kota Medan Akhyar Nasution mengajak seluruh lapisan masyarakat, komunitas maupun organisasi yang ada di Kota Medan untuk bersama-sama mendukung serta menjaga kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarangan.

"Sekecil apapun dukungan yang diberikan tentunya sangat berarti dalam upaya mewujudkan Kota Medan bersih dari sampah. Sebab, tanpa dukungan itu sulit bagi Pemko Medan untuk mewujudkannya,” kata  Akhyar di sela-sela pelantikan pengurus Persatuan Tenis Meja Seluruh Indonesia (PTMSI) Kota Medandi Gedung Olah Raga Cikal USU Jalan Dr Manyur Medan, Sabtu (26/01/2019).

Akhyar juga meluruskan pemberitaan terkait predikat Medan kota terkotor oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) pada penyerahan Piala Adipura beberapa waktu lalu.

Akhyar menjelaskan, predikat kota terkotor tidak ada disebutkan melainkan nilai terendah. Dikatakannya, nilai terendah itu diperoleh Kota Medan karena Tempat Pengelolaan Akhir (TPA) Terjun belum sepenuhnya mengoptimalkan pengelolaan dengan sistem sanitary landfill, tapi masih ada menggunakan sistem open dumping.

Dalam penilaian Adipura, Akhyar menjelaskan, ada beberapa kriteria, salah satunya menyangkut pengelolaan TPA yang termasuk faktor utama sehingga memiliki bobot nilai 60 persen.

"Lantaran kita masih menggunakan sistem open dumping di TPA Terjun, Kota Medan pun mendapat nilai rendah," ucapnya.

Saat ini papar Akhyar, TPA Terjun digunakan Pemko untuk menampung sampah yang sehari bisa mencapai 2.000 ton.  Banyaknya sampah yang dihasilkan masyarakat itu menyebabkan sampah di TPA Terjun menggunung. Kondisi itulah yang menyebabkan Pemko Medamn melalui Dinas Kebersihan dan Pertamanan terkendala untuk menggunakan sistem sanitary landfill dalam mengelolala sampah di TPA tersebut.

“Sistem sanitary landfill mengharuskan antara lain menimbun sampah dengan tanah sebelum TPA itu menampung sampah yang baru. Begitu pun kita akan berupaya sehingga pengelolaan sampah selanjutnya menggunakan sistem sanitary landfill,” jelasnya.

Pada pelantikan kepengurusan PSTMSI Kota Medan, Akhyar mengucapkan selamat kepada pengurus yang dilantik. Dia mengharapkan para pengurus mampu istiqomah menjalankan tugas dan tanggung jawab sesuai amanah yang diemban. (imc/bsk)

Komentar

Berita Terkini