|

Unpri Siapkan Diri Hadapi Revolusi Industri 4.0


INILAHMEDAN - Medan: Dalam menghadapi era Revolusi Industri 4.0, Universitas Prima Indonesia (Unpri) telah mempersiapkan diri untuk menghadapinya dengan berbagai hal. Salah satunya menjalin kerja sama dengan Universitas Utara Malaysia (UUM) dan menggelar "The 7th International Confference on International Study", di aula kampus itu Jalan Ayahanda Medan, kemarin.
   
Acara "The 7th International Confference on International Study" (ICIS) 2018 tersebut dihadiri Wakil Menteri Transportasi Malaysia Datuk Kamarudin Jaffar, Wali Kota Medan Dzulmi Eldin, Konsulat Jenderal Malaysia di Medan Encik Amizal Fadzli bin Rajali, Pendiri Unpri Dr dr I Nyoman Echrich Lister MKes AIFM, Ketua BPH Unpri Dr Tommy Leonard SH MKn, Rektor Unpri Chrismis Novalinda Ginting MKes, Wakil Rektor (WR) I Seno Aji SPd MEng Prac, WR II Dr Ermi Girsang SKM MKes, WR III Said Rizal SH MA, WR IV dr Ali Napiah Nasution MKT, Direktur Pascasarjana Unpri Dr Azharudin SH MKn dan jajarannya serta Vice Chancellor UUM Prof Dr Ahmad Bashawir Haji Abdul Gani dan jajarannya.
   
Rektor Unpri Chrismis Novalinda Ginting MKes mengatakan saat ini dunia sedang menghadapi era revolusi industri 4.0 di mana sebagian besar perusahaan menggunakan teknologi untuk menjual produk mereka secara online. Teknologi tersebut juga digunakan secara massif di tengah kehidupan termasuk dalam sektor pendidikan.

Menurutnya, era revolusi ini akan terus menghadirkan banyak perubahan yang tidak bisa dibendung. Di dalam dunia perguruan tinggi fenomena ini dapat dilihat dari berkembangnya riset-riset kolaborasi antara peneliti dari berbagai disiplin ilmu dan berbagai perguruan tinggi.

"Oleh karenanya, Unpri sudah bersiap diri menghadapi era Revolusi Industri 4.0 ini," katanya.

Rektor juga berharap dengan digelarnya International Conference on International Study ini dapat melahirkan gagasan-gagasan baru yang brilian di dalam bidang ekonomi, teknologi yang bermanfaat bagi masyarakat luas.
   
Sementara itu Vice Chancellor UUM Prof Dr Ahmad Bashawir Haji Abdul Gani menyampaikan terimakasih kepada Unpri karena komitmen kerja sama antara UUM dan Unpri pada tiga tahun lalu dapat terus dikembangkan dalam tahap kerja sama yang berkelanjutan dengan berasaskan tujuan-tujuan akademik yang profesional serta berpegang teguh pada nilai-nilai integritas di dalamnya.
   
Sementara itu, Wakil Menteri Transportasi Malaysia yang menjadi Keynote Spech dalam ICIS 2018 tersebut mengatakan sangat gembira dapat hadir mewakili kerajaan Malaysia sebagai tamu di acara UUM-Unpri untuk menyaksikan perjanjian kerja sama yang konkrit untuk sama-sama melahirkan ijazah pascasarjana.

Dia menyebutkan perjanjian kerjasama antara kedua universitas ini akan memberikan manfaat bagi institusi akademik di kedua negara dalam menghasilkan generasi baru yang mempunyai bukan saja di bidang akademik maupun melahirkan Sumber Daya Manusia, tetapi juga menjalin kerjasama erat kedua negara.
   
"Kerja sama ini merupakan yang pertama di Malaysia dan Indonesia yang konkrit dilaksanakan. Ini bisa menjadi contoh bagi universitas lainnya. Dengan kerja sama ini kita akan bisa mendapatkan pengalaman baik di Indonesia dan Malaysia, tentu hasilnya akan lebih baik," pungkasnya. (imc/bsk)

Komentar

Berita Terkini