|

Wujudkan Aceh 'Bersinar' BNNP Kembangkan Program Uji Bahan Makanan Mengandung Narkoba

tanaman ganja.(foto : dok)

INILAHMEDAN
- Aceh : Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Aceh akan menguji sejumlah makanan yang dicurigai menggunakan bahan baku narkoba jenis ganja. 

Langkah tersebut diambil sebagai upaya menghilangkan stigma 'negatif' yang melekat pada Aceh sebagai daerah penghasil ganja.

Kepala BNNP Aceh Brigjen Marzuki Ali Basyah menyampaikan program itu bagian dari upaya bersama mewujudkan Aceh bebas narkoba.

" Dengan melakukan pengujian terhadap makanan yang dicurigai menggunakan bahan baku narkoba jenis ganja, kami berharap dapat menghilangkan stigma negatif yang melekat pada Aceh sebagai daerah penghasil ganja," katanya saat Rapat Koordinasi Pemetaan Program Pemberdayaan Masyarakat di Hotel Kyriad Muraya Banda Aceh pada Rabu 8 Mei 2024, 

Program tersebut mendapat dukungan penuh dari berbagai pihak, termasuk Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Aceh. BPOM Aceh siap membantu proses pengawasan dan pengujian bahan baku makanan yang akan diuji kandungan/bahan bakunya.

" Kami sedang mengembangkan alat deteksi narkoba pada makanan dan bisa dimanfaatkan untuk mensukseskan program ini," ujar perwakilan BPOM Aceh.

Tidak hanya BPOM, Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Aceh juga turut mendukung program tersebut. 

MPU Aceh akan memaksimalkan peran ulama dalam pencegahan penyalahgunaan narkoba dan memperkuat fatwa haram terhadap penyalahgunaan narkoba, sehingga dapat mewujudkan Aceh bersih narkoba (bersinar).

Selain itu, Kementerian Agama Aceh (Kemenag Aceh) juga turut mendukungnya. Kemenag Aceh memiliki program Wajib Halal Oktober (WHO) yang menetapkan standarisasi tanpa menggunakan narkoba pada bahan makanan atau minuman sebagai syarat sertifikasi halal. (imc/joey)


Komentar

Berita Terkini