|

Wali Kota Medan Sampaikan Laporan Pertanggungjawaban APBD TA 2023

Wali Kota Medan Bobby Nasution menyampaikan Laporan Pertanggungjawaban APBD TA 2023 pengelolaan keuangan daerah selama tahun 2023 pada rapat paripurna di gedung DPRD Medan, Senin (27/05/2024). (foto: bsk) 

INILAHMEDAN - Medan: Wali Kota Medan Bobby Nasution menyampaikan Laporan Pertanggungjawaban APBD TA 2023 pengelolaan keuangan daerah selama tahun 2023 pada rapat paripurna di gedung DPRD Medan, Senin (27/05/2024). 

Laporan pertanggungjawaban pelaksanaan APBD TA 2023 tersebut sebelumnya telah diaudit Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) perwakilan Sumatera Utara dan diberikan opini "Wajar Tanpa Pengecualian" (WTP).

“Dari hasil audit maka Pemko Medan bersama DPRD Kota Medan selama empat tahun berturut-turut telah berhasil meraih predikat tertinggi dalam pemeriksaan laporan keuangan oleh BPK RI Perwakilan Sumatera Utara dengan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP)," kata Bobby Nasution di hadapan para wakil ketua dan anggota DPRD Medan yang hadir.

Bobby juga menyampaikan beberapa catatan pokok terhadap substansi Ranperda Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD TA 2023 ini di antaranya dari sisi pendapatan, secara akumulatif realisasi pendapatan daerah TA 2023 tercatat sebesar Rp5,8 triliun lebih yang terdiri dari Pendapatan Asli Daerah (PAD) sebesar Rp2,4 triliun lebih, Pendapatan Transfer sebesar Rp3,2 triliun lebih dan lain-lain Pendapatan Daerah yang sah sebesar Rp98,8 miliar lebih.

Kemudian dari sisi belanja daerah, secara akumulatif, realisasi belanja daerah TA 2023 tercatat sebesar Rp6,2 triliun lebih yang terdiri dari belanja operasional sebesar Rp4,7 triliun lebih, dan belanja modal sebesar Rp1,4 triliun lebih. Terakhir, dari sisi pembiayaan yakni realisasi pembiayaan netto tercatat sebesar Rp548,5 miliar. 

Dengan demikian, Bobby berharap prestasi dan kualitas pelaksanaan APBD TA 2023 yang sudah dicapai harus dijadikan motivasi dan semangat baru untuk terus memperbaiki kekurangan dan keterbatasan yang masih ada.(imc/bsk) 

Komentar

Berita Terkini