|

Terima Reses Komisi VIII DPR, Kakanwil Kemenag Sumut: Persiapan Haji Capai 100 Persen

Kakanwil Kemenag Sumut Ahmad Qosbi saat menerima kunjungan kerja reses Komisi VIII DPR RI di Asrama Haji Medan, Kamis (02/05/2024).(foto: bsk) 

INILAHMEDAN - Medan: Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Utara Ahmad Qosbi mengatakan persiapan pemberangkatan jamaah calon haji embarkasi mencapai 100 persen.

Hal ini disampaikan Ahmad Qosbi saat menerima kunjungan kerja reses Komisi VIII DPR RI di Asrama Haji Medan, Kamis (02/05/2024).

”Persiapan haji sudah mencapai 100 persen. PPIH Embarkasi Medan siap memproses keberangkatan jamaah calon haji 1445 H/2024 M. Kami siap mensukseskan program penyelenggaraan haji tahun ini,” kata Qosbi.

Qosbi menyampaikan pada musim haji tahun ini sebanyak 8.624 jemaah calon haji dari Sumatera Utara akan diberangkatkan. Dari jumlah tersebut visa jemaah calhaj hampir rampung 100%. 

”Tahun 1445 H ini calhaj Sumatera Utara adalah 8328 kuota utama, 296 tambahan, 121 petugas kloter, 66 petugas haji daerah, 31 pembimbing dan sebanyak 416 prioritas lansia,” katanya. 

Qosbi mengatakan data kesehatan jemaah calon haji Sumatera Utara pada 2024 sebanyak 8690 calhaj yang telah diperiksa, 3 orang calhaj masih berada pada status harus dievaluasi dan sejumlah 3196 calhaj berada pada kategori risti (resiko tinggi).

Qosbi mengungkapkan tahun ini adanya pengembangan pelayanan konsumsi. Ruang makan dan menu makanan bagi calhaj yang resti akan dibedakan dengan calhaj yang reguler (kesehatan kategori normal). Pembedaan ini dilakukan untuk memberikan kenyamanan bagi jemaah calon haji. 

”Nanti menu makanannya akan kita sesuaikan dengan kondisi calon jamaah. Jamaah yang berada di kategori resti akan kita sesuaikan menunya, yang lansia juga kita sesuaikan agar jamaah nyaman sewaktu makan,” katanya. 

Salah satu agenda kunjungan kerja reses Komisi VIII DPR RI ke Provinsi Sumatera Utara masa persidangan IV Tahun Sidang 2023 -2024 kali ini yakni untuk menerima masukan atas persiapan pemberangkatan jemaah calon haji tahun ini khususnya di Sumatera Utara. Ketua Tim pada kunker reses Komisi VIII DPR RI ini yakni Marwan Dasopang dengan anggota Itje Dewi Kuraesin, Muhammad Ali Ridha, Idah Syahidah Rusli Habibie, Supratman Andi Agta, Obon Tabroni, Iskan Qolba Lubis, Surahman Hidayat, Achmad, Yandri Susanto dan Fachry Pahlevi Konggoasa.

Ketua Tim Reses, Marwan Dasopang mengatakan pihaknya sedang berupaya mendorong pemerintah terhadap penambahan kuota haji di Indonesia. 

Dia juga mengingatkan agar terus mengedukasi masyarakat agar terhindar dari penipuan penipuan yang dilakukan oknum dengan janji berangkat haji tahun ini juga. 

”Beberapa kasus kita temukan, masih ada masyarakat yang tertipu iming iming segera berangkat haji secepatnya setelah menyetor setoran biaya haji, ini perlu kita edukasi masyarakat,” kata Marwan.(imc/bsk) 

Komentar

Berita Terkini