|

KONI Sumut Curigai Cabor 'Bongkar Pasang' Atlet PON 2024: Kebutuhan Apa Kepentingan?

Ketua Umum KONI Sumut John Ismadi Lubis, saat menghadiri podcast news plus COPI Sumut, Kamis (09/05/2024).(foto: bsk) 

INILAHMEDAN - Medan: Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sumatera Utara, Jhon Ismadi Lubis, blak-blakan soal 'bongkar pasang' atlet yang akan berlaga di Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024 Aceh-Sumut. 

"Tiba-tiba diganti karena alasan tidak disiplin," kata John Ismadi Lubis, seperti dikutip dari podcast news plus COPI Sumut, Kamis (09/05/2024).

Jhon bingung bercampur curiga melihat cabang olahraga (cabor) mengganti atletnya yang setelah satu tahun dibina. Apalagi gawean PON tinggal 4 bulan lagi. 

"Saya bingung jadinya. Saya curiga ini kebutuhan apa kepentingan?" kata Jhon. 

Jhon meminta masalah pemilihan atlet diselesaikan secara arif dan bijaksana. 

"Jangan nanti menang (PON) dia (cabor) yang punya, kalah mintanya KONI dievaluasi. Padahal yang nyari atlet dan pelatih pengprov, pelatda juga pengprov. Giliran tanggung jawab ke saya," jelasnya.

Jhon mengaku siap bertanggung jawab. Tapi dia mengajak untuk sama-sama menyikapinya dengan arif dan bijaksana, tidak saling ego.

'Tentu kita inginkan terbaik dan Sumut bisa berprestasi," tegas John. 

Dalam kesempatan itu, Jhon mengatakan KONI Sumut telah mengirim Long List atau daftar panjang berisi cabang olahraga, nomor pertandingan/perlombaan serta nama-nama atlet peserta pada Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024.

Long list ini dikirim KONI Sumut ke PB PON dan KONI Pusat sesuai dengan ketentuan batas akhirnya Selasa malam 7 Mei 2024.

Kata Jhon, ada penambahan jumlah atlet pada long list tersebut. Setidaknya dari 1.117 atlet, kini bertambah menjadi 1.130 atlet yang telah kita kirim daftarnya. 

"Semuanya tentu atlet Pelatda. Long list ini daftar sesuai atlet yang kita Pelatda (Pemusatan Latihan Daerah-red) kan, tidak mungkin di luar Pelatda kita daftar," ujarnya seraya menambahkan long list ini sesuai dengan apa yang didaftarkan pengprov masing-masing cabor.(imc/bsk) 


Komentar

Berita Terkini