|

Ditemukan, Planet Aneh Bersinar Merah Penuh Gunung Berapi Aktif Siap Meletus

Para ilmuwan menemukan planet ekstrasurya yang aneh dan bersinar merah. Nama planet itu TOI-6713.01, yang berisi gunung berapi aktif yang siap meletus.(foto: bsk) 

INILAHMEDAN - Para ilmuwan menemukan planet ekstrasurya yang aneh dan bersinar merah. Nama planet itu TOI-6713.01, yang berisi gunung berapi aktif yang siap meletus. 

Sebuah planet yang baru ditemukan di sistem bintang yang jauh, tertangkap sedang mengalami erupsi gunung berapi yang sangat dahsyat dengan jumlah gunung yang banyak pula. Planet tersebut tampak bersinar merah menyala jika dilihat dari luar angkasa. 

Belum ada temuan planet seperti ini sebelumnya, dan observasi lanjutan diperlukan untuk memastikan keberadaan bola aneh merah menyala tersebut. 

Planet yang baru ditemukan tersebut bernama TOI-6713.01 adalah planet terdalam dari sistem bintangnya, yang diketahui terdapat dua planet lainnya yang mengorbit bintang katai oranye yang berjarak sekitar 66 tahun cahaya dari Bumi. 

Para astronom melaporkan temuan ini dalam sebuah penelitian yang diterbitkan pada The Astronomical Journal bulan April 2024. Planet ekstrasurya menunjukkan bahwa permukaan planet TOI-6713.01 tersebut ditutupi dengan lava cair dari ratusan gunung berapi yang dimuntahkan ke permukaannya. Suhu di sana melebihi 2.300 derajat Celcius. 

“Ini berarti planet ini benar-benar bersinar pada panjang gelombang optik,” kata Stephen Kane, astrofisikawan di University of California, Riverside yang memimpin penemuan tersebut, dikutip dari Universe Today. (imc/***) 

sumber: kompascom


 

Komentar

Berita Terkini