|

TNI-Polri Latihan PHH Antisipasi Gangguan Kamtibmas Pemilu 2024

simulasi keamanan jelang Pemilu 2024. (foto : dok) 

INILAHMEDAN
- Langsa : Upaya menjaga keamanan menjelang Pemilu tahun 2024, TNI dan Polri di Kota Langsa bersinergi dengan melaksanakan latihan Penanggulangan Huru-Hara (PHH) di Markas Komando Distrik Militer (Makodim) 0104/Aceh Timur, Jalan Jendral Ahmad Yani, Gp Payabujok Seuleumak, Kecamatan Langsa Baro, Kota Langsa, Selasa (06/02/2024). 

Latihan bertujuan untuk meningkatkan kesiapan dalam mengantisipasi potensi gangguan Kamtibmas selama pelaksanaan Pemilu 2024.

Komandan Kodim 0104/Atim Letkol Tri Purwanto, latihan itu merupakan bagian dari langkah preventif untuk memastikan keamanan dan ketertiban masyarakat selama proses demokrasi berlangsung. 

para pengunjuk rasa coba mendobrak barisan keamanan. (foto : dok) 

" Kami berkomitmen untuk menjaga kestabilan dan keamanan, serta memberikan rasa aman kepada masyarakat selama Pemilu berlangsung," ujarnya.

Dalam latihan PHH melibatkan pula personil TNI dari Kodim 0104/Atim dan Polres Langsa dengan simulasi skenario gangguan Kamtibmas di sekitar area Makodim. 

Kegiatan juga mencakup koordinasi antar instansi, pengendalian kerumunan dan penanganan situasi darurat. Para personil dilatih untuk merespons dengan cepat dan efektif guna meminimalkan potensi gangguan yang terjadi.

Letkol Tri Purwanto menekankan pula pentingnya kerjasama antara TNI dan Polri dalam menjaga stabilitas keamanan. 

" Kami bekerja sama secara sinergis untuk menanggulangi potensi ancaman dan menciptakan lingkungan yang kondusif selama proses pemilihan," tambahnya.

Latihan tersebut diharapkan dapat mempersiapkan personil TNI dan Polri dalam menghadapi berbagai skenario yang mungkin terjadi selama pelaksanaan Pemilu tahun 2024. 

Pihak berwenang berkomitmen untuk melibatkan seluruh elemen masyarakat dalam menjaga situasi yang aman dan damai selama tahapan pemilihan berlangsung.

Sementara Kapolres Langsa AKBP Andy Rahmansyah, Polres Langsa selalu bersinergi bersama pihak TNI untuk mengamankan dan melancarkan pesta demokrasi yang akan berlangsung tanggal 14 Februari 2024 mendatang.

" Jadi latihan yang dilaksanakan hari ini ada bentuk kesiapan kita untuk mensukseskan pesta demokrasi yang sebentar lagi akan dilaksanakan,"pungkasnya. (imc/joey) 


Komentar

Berita Terkini