|

Kapolda Sumut Tinjau Jalur Race Aquabike Jetski Danau Toba

Kapolda Sumatera Utara Irjen Pol Agung Setya meninjau langsung jalur balapan ke sejumlah lokasi event di Danau Toba, Rabu (22/11/2023).(foto: bsk) 

INILAHMEDAN - Samosir: Kapolda Sumatera Utara Irjen Pol Agung Setya meninjau langsung jalur balapan ke sejumlah lokasi event di Danau Toba, Rabu (22/11/2023).

Peninjauan untuk memastikan dan menjamin keamanan peserta dan pengunjung yang datang menyaksikan Aquabike Jetski yang pertama sekali digelar di perairan Danau Toba yang dikenal cukup luas.

Peninjauan pertama ini di Venue Samosir, tepatnya di Water Front City Pangururan yang dilakukan oleh Irjen Pol Agung, didampingi Kapolres Samosir AKBP Yogie Hardiman. 

Kapolda Sumut mengecek langsung kesiapan personel dalam pengamanan Event berskala internasional ini. Bahkan Irjen Pol Agung meninjau langsung kenyamanan bagi pengunjung dan area peserta balapan.

Saat temu pers di Venue, Irjen Pol Agung mengatakan sejauh ini sudah siap dalam pengamanan.

Hari pertama pelaksanaan Aquabike, kata Irjen Pol Agung, polisi telah mengamankan jalur lintasan balap bagi peserta Aquabike World Championship 2023 di perairan Danau Toba dari Venue Samosir menuju Tongging Kabupaten Karo yang akan ditempuh sejauh kurang lebih 36 Km.

"Kita menyelenggarakan pengamanan ya sejak kemarin hingga hari ini. Semua jalur yang akan dilewati sudah dissurvei dan insya Allah akan berjalan sesuai dengan jadwal," ujar Irjen Agung.

Irjen Pol Agung mengatakan, dari jajaran Polda Sumatera Utara dan petugas gabungan lainnya akan menyelenggarakan pengamanan ini sebaik-baiknya.

Irjen Pol Agung juga menyampaikan telah mengerahkan 1.980 personel yang tersebar di 4 titik atau 4 kabupaten lokasi race untuk pengamanan. 

"Antara lain, di Karo, Dairi, Toba dan Samosir. Di tiap titik ini, kita sudah tempatkan personel dan peralatan," ujarnya.

Irjen Pol Agung juga mengaku dirinya turun langsung untuk memastikan bahwa seluruh event tersebut berjalan sebagaimana mestinya. Langkah ini dilakukan sebagai pencegahan dari kemungkinan terburuk yang bisa saja terjadi.

"Kita sudah memetakan kemanan umum, maupun yang sifatnya bahaya kecelakaan," ucapnya.

Sebagai informasi, kata Irjen Agung, hari ini ada tanah longsor menuju Dairi tepatnya di Perbatasa Dairi.

"Oleh karenanya kita lakukan rekayasa lalu intas untuk kendaraan dari Medan menuju pantai barat sumatera ad ken tanah longsor d Dairi. Hari ini, alat berat sudah turun membersihkan jalan," ucapnya.

Saat ini, kata Irjen Agung, ada jalan alternatif yang sudah disediakan. Petugas di lapangan mengarahkan jalan sesua jalur tujuan event terlaksana.

"Kami berharap pengendara bisa megikut arahan dari petugas di sana," ucapnya.

Untuk perjalanan warga, Irjen Agung menyampaikan agar pengendara tidak perlu khawatir. Untuk jalur dan pengamanan sudah diatur sedemikian rupa.

Pengamanan utama hari ini dilakukan di Karo, untuk keselamatan pengunjung dan peserta Aquabike Jetski Danau Toba.

Dalam pengamanan ini, kata Agung Setya, Injorney meminta penambahan kapal dan sudah disiapkan dari TNI/Polri untuk pengawalan event ini.

"Ada dua penambahan kapal denga kecepatan yang memadai mengimbangi jetski, sehingga peserta yang finish di Tongging," sebutnya.(imc/bsk) 

Komentar

Berita Terkini