|

Bupati Cory: Aquabike Jetski World Championship Kebanggaan Tersendiri Masyarakat Karo

Para pebalap Aquabike Jetski World  Championship terlihat mengisi bahan bakar sebelum perlombaan dimulai.(foto: bsk) 

INILAHMEDAN - Karo: Bupati Karo Cory S Sebayang mengatakan Aquabike Jetski World  Championship merupakan salah satu event kebanggaan tersendiri masyarakat Karo. 

"Tentu ya. Ini jadi salah satu event kebanggaan tersendiri masyarakat Karo, khususnya masyarakat Tongging karena event ini digelar di daerah ini," kata Cory S Sebayang ketika ditemui pers sebelum pembukaan event Internasional itu di Pantai Sinalsal, Tongging, Kabupaten Karo, Provinsi Sumatera Utara, Rabu (22/11/2023). 

Event Aquabike Jetski World Championship 2023 di Danau Toba  akan ada 128 pembalap dari 22 negara yang berpartisipasi. Sebanyak 10 rider dari Indonesia nantinya juga akan tampil lewat jalur wild card.

Bupati Karo Cory S Sebayang. (foto: bsk) 

Aquabike Jetski World Championship 2023 digelar di empat kabupaten di Sumatera Utara, yaitu Toba, Karo, Dairi, dan Samosir.

Menyambut event ini, kata Cory, satu minggu sebelum hari H, pihaknya telah mempersiapkan segala sesuatunya agar event ini berjalan maksimal. 

"Kita telah melakukan yang terbaik agar event ini sukses," katanya. 

Untuk menyemarakkan event, Pemkab Karo, kata Cory, melaksanakan festival band di Pantai Sinalsal, tempat event dibuka. "Termasuk iuga mendatangkan band ibukota D'Masiv yang merupakan sumbangan dari Menpora. 

" Hari ini juga ada atraksi terbang layang yang nantinya mendarat di air sambil membawa tropi. Keesokan harinya kita menggelar perlombaan para layang yang pesertanya antara lain dari Aceh, Batam, maupun dari luar negeri," katanya. 


Event Aquabike Jetski World Championship 2023 yang digelar di Danau Toba pada 22-26 November 2023, diharapkan akan mampu meningkatkan performa sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di Danau Toba dan sekitarnya. 

 Acara itu merupakan kejuaraan olahraga air internasional kedua yang dituanrumahi Danau Toba pada tahun ini. 

Sebelumnya, pada Februari 2023, Danau Toba menjadi tuan rumah F1H20 Powerboat 2023. 

Aquabike Jetski World Championship 2023 dimulai dengan nomor ketahanan lebih dulu pada 22 November 2023 di Kabupaten Karo yang bertajuk Karo Cup yang diikuti 41 rider. Kemudian, Dairi Cup yang digelar di Kabupaten Dairi dan berlangsung sehari setelahnya. Kemudian nomor ini akan ditutup dengan Samosir Cup pada 24 November 2023 di Kabupaten Samosir. Secara total para pembalap akan melewati rute sejauh 188 km di nomor ini.

Setelah itu, Grand Prix (GP) Danau Toba 2023 akan memainkan nomor sirkuit di Kota Balige, Kabupaten Toba pada 25-26 November yang diikuti 77 rider. Dalam nomor ini, ada lima kategori yang dipertandingkan yakni Ski GP1, Runabout GP1, Ski Ladies GP1, Freestyle, dan Parallel Slalom.(imc/bsk) 


Komentar

Berita Terkini