|

Imbas 10 Tahanan Kabur Dari Sel, Kapolsek Dicopot

Kapolda Irjen Iqbal. (foto : dok) 

INILAHMEDAN
- Pekan Baru : Kapolda Riau Irjen Mohammad Iqbal mencopot Iptu Putra Amor sebagai Kapolsek Rumbai, Pekanbaru dampak peristiwa kaburnya 10 tahanan Polsek Rumbai beberapa waktu lalu.

Selain dicopot dari jabatannya, Iptu Putra Amour juga tengah menjalani pemeriksaan di Bidang Profesi dan Pengamanan Polda Riau. " Iya, benar sudah dicopot," ungkapnya pada Senin (21/08/2023).

Kepala Bidang Humas Polda Riau Kombes Hery Murwono, Iptu Putra Amor kini masih dalam pemeriksaan Propam Polda Riau.

Selain Kapolsek, beberapa anggota Polsek Rumbai yang piket pada saat kejadian juga turut diperiksa oleh Polresta Pekanbaru dan Propam Polda Riau. " Info dari Kabid Propam, masih dalam penyelidikan dan pemeriksaan," sebutnya. 

Sebagaimana diketahui, sebanyak 10 tahanan Polsek Rumbai dengan berbagai perkara kabur dari sel belum lama ini. 

Para tahanan itu dari berbagai kasus antara lain, pencurian, pelecehan anak di bawah umur, penggelapan serta penyalahgunaan narkoba.

Usai melarikan diri sekitar 10 hari, ke-10 tahanan berinisial RR, RNY, RF, MA, HI, SC, DS, NW, A dan DP kembali dapat diringkus dari berbagai lokasi.

Empat di antaranya dihadiahi tembakan lantaran sempat memberikan perlawanan saat akan diringkus. 

" Dalang di balik ide pelarian ini ialah A. Caranya dengan menggali toilet tahanan yang langsung mengarah ke septic tank," jelas Kapolresta Pekanbaru Kombes Jefri Ronald Parulian Siagian.

Menurutnya, para tahanan menggunakan piring melamin yang biasanya digunakan untuk menggali jalan keluar tersebut. " Rencana ini dilakukan para tersangka hanya dalam hitungan jam," ungkapnya. 

Ironisnya lagi, salah satu tersangka itu bahkan kembali nekat melakukan tindak pidana saat kabur tersebut. Yakni NO yang nekat mencuri telepon seluler dan sepeda motor di wilayah Kecamatan Rumbai. (imc/joy) 


Komentar

Berita Terkini