|

Wakapolri Pimpin Tahap Pemeriksaan Penampilan Catar Akpol

Wakapolri Komjen Agus saat memeriksa salah seorang calon taruni. (foto : dok) 

INILAHMEDAN
- Jakarta : Wakapolri Komjen Agus Andrianto, memimpin tahap pemeriksaan penampilan bagi 432 calon taruna dan taruni (catar) Akademi Kepolisian (Akpol) Tahun Anggaran 2023. 

Pemeriksaan tersebut merupakan bagian dari seleksi ketat untuk memilih calon-calon terbaik yang akan menjadi anggota kepolisian dimasa depan. Sebagai Ketua Tim Penilai, Wakapolri memastikan proses seleksi berjalan dengan baik.

Tahap pemeriksaan penampilan sejak kemarin, Kamis (20/07/2023) dan berlanjut pada Jumat (21/07/2023) di Gedung Serba Guna Akpol. 

Sebanyak 288 calon taruna dan 54 calon taruni mengikuti pemeriksaan dengan harapan dapat lolos dan melanjutkan pendidikan di Akpol.

Selain Wakapolri, terdapat tim penilai yang terdiri dari Irwasum Polri Komjen Ahmad Dofiri, Kalemdiklat Polri Komjen Purwadi, As SDM Kapolri Irjen Dedi Prasetyo. 

Kadiv Propam Polri Irjen Syahardiantono, Gubernur Akpol Irjen Krisno Halomoan, Kapusdokkes Polri Irjen Asep Hendradiana serta Wakil Gubernur Akpol Brigjen Awi Setiyono.

" Sebanyak 145 orang calon taruna dan taruni (catar) menjalani pemeriksaan penampilan pada hari ini yang dibagi dalam empat gelombang, dengan rata-rata 36 hingga 45 orang per gelombang,” ujar Karo Dalpers SSDM Polri, Brigjen Nurworo Danang. 

Tahun ini, SSDM Polri telah melakukan sejumlah inovasi dalam proses seleksi anggota Polri. Salah satunya adalah pemeriksaan mental dan ideologi yang melibatkan Densus 88 antiteror untuk mencegah catar yang terpapar paham radikal dan intoleran. 

Selain itu, SSDM Polri juga melibatkan lebih banyak pengawas eksternal, termasuk IDI, Himpsi, Kemendikbud Ristek, Kompolnas, Ombudsman, sejumlah LSM dan media massa, guna memastikan seleksi berjalan transparan dan terpercaya.

Seluruh proses seleksi anggota Polri juga disiarkan secara langsung melalui akun-akun media sosial SSDM Polri, seperti Instagram dan Youtube. Hal ini bertujuan untuk memberikan informasi yang akurat dan terkini kepada masyarakat mengenai tahapan demi tahapan seleksi calon anggota Polri.  (imc/joy) 


Komentar

Berita Terkini