|

Kadis Perpustakaan Sumut Seruput Kopi 'Hutan' Olahan Koptan Binaan Dinas LHK, Nikmatnya...

Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Sumut memamerkan kopi hasil olahan kelompok tani (koptan) hutan di arena Pekan Raya Sumatera Utara (PRSU) ke 49. (foto: bsk) 


INILAHMEDAN - Medan: Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Sumut memamerkan kopi hasil olahan kelompok tani (koptan) hutan di arena Pekan Raya Sumatera Utara (PRSU) ke 49. 

Pameran kopi 'hutan' ini dilaksanakan selama dua hari mulai Sabtu (08/07/2023) dan Minggu (09/07/2023). Kadis Perpustakaan dan Arsip Sumut Dwi Endah Purwanti berkesempatan menyeruputnya pada pameran itu.

"Hmm, nikmatnya," kata Dwi Endah Purwanti saat ditemui di stand Dinas LHK Sumut, Sabtu (08/07/2023).

Menurut Dwi, dia sebenarnya bukan pengagum kopi. Namun setelah menyeruput kopi 'hutan' di stand Dinas LHK Sumut, Dwi mengaku rasanya nikmat. 

Olahan kopi dari kelompok tani hutan tersebut bekerja sama dengan Balai PSKL (Perhutanan Sosial dan Kemitraan Lingkungan) Wilayah Sumut.  

"Kopi yang kami pamerkan berasal dari Kabupaten Humbahas, Tanah Karo, Simalungun dan Kabupaten Madina (Mandailing Natal) melalui KPH masing-masing kabupaten," jelas staf Dinas LHK Sumut Melvi Juliwati Sinaga. 

Kata Melvi, kopi dari kelompok tani hutan ini tidak kalah cita rasanya dengan produk kopi yang lainnya. 

"Olahan kopi ini kita campur dengan gula aren. Sehingga rasanya sangat nikmat," kata Melvi sambil menyapa pengunjung yang ingin merasakan nikmatnya kopi tersebut.

Pada program lainnya kata Melvi, Dinas LHK Sumut melakukan kegiatan Supatumi (Sumbang Sampah Tukar Mie) dan pembagian bibit. 

"Kalau pembagian bibit kita lakukan setiap Minggu," katanya.(imc/bsk) 

Komentar

Berita Terkini