|

Ribuan Pendemo Gruduk Kantor DPRD Tapteng Minta Pj Bupati Dicopot

Ribuan pengunjuk rasa yang tergabung dalam Aliansi Masyarakat Peduli Tapanuli Tenggah (AMP-TT) kembali menggruduk kantor DPRD Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng), Sumatera Utara, Senin (22/05/2023).(foto: riz) 


INILAHMEDAN - Tapteng: Ribuan pengunjuk rasa yang tergabung dalam Aliansi Masyarakat Peduli Tapanuli Tenggah (AMP-TT) kembali menggruduk kantor DPRD Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng), Sumatera Utara, Senin (22/05/2023). 

Unjuk rasa Ini merupakan gelombang ketiga yang dilakukan masyarakat selama Mei 2023. 

Dalam pernyataan sikapnya yang dibacakan para orator secara bergantian, massa meminta DPRD Tapteng menyurati Mendagri untuk mengevaluasi Elfin Ilyas Nainggolan sebagai Pj Bupati Tapteng. 

Denis Simalango mengatakan sikap dan tindakan ketidaknetralan Pj Bupati yang diduga memberikan ruang kepada salah satu ketua parpol di Tapteng dalam berbagai kegiatan pemerintahan di Kabupaten Tapteng.

Massa juga meminta DPRD Tapteng menyurati Menteri Kelautan dan Perikanan RI untuk menindak tegas pelaku ilegal fhising seperti pukat trawl yang masih beraktivitas di perairan Tapteng. 

Dari kalangan buruh, Demakson mengatakan Pemkab Tapteng tidak mampu menetapkan dan melaksanakan UMK yang sudah ditetapkan menurut UU No 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan.

Orator lainnya, Raju Firmanda Hutagalung, membacakan tuntutan agar mencopot Pj Bupati Tapteng karena tidak berpihak dalam mewujudkan kesejahteraan terhadap buruh, petani, dan nelayan di wilayah Kabupaten Tapteng.

“Menyelesaikan kebijakan tumpang tindih dalam pengurusan administrasi yang merupakan syarat bagi masyarakat kecil dalam mendapatkan bantuan, kemudian menangkap pelaku penyerobotan lahan serta ilegal fhisingb yang ada di wilayah Kabupaten Taptenh,” katanya. 

Pantauan di lapangan, aksi massa mendapat pengawalan ketat dari aparat Polres Tapteng, Polres Sibolga dan Batalyon C Sat-Brimbob Polda Sumut, Sipirok, dan serta petugas Satpol PP Tapteng.(imc/riz) 

Komentar

Berita Terkini