|

Mei Ini, Pengerjaan Revitalisasi Tahap Kedua Lapangan Merdeka Dilakukan

Pengerjaan revitalisasi Lapangan Merdeka Medan terus menunjukkan progress. Bahkan pengerjaan tahap pertama revitalisasi lapangan yang pada zaman Belanda disebut sebagai De Esplanade ini pun telah selesai dilakukan Februari lalu. (foto: bsk) 


INILAHMEDAN - Medan: Pengerjaan revitalisasi Lapangan Merdeka Medan terus menunjukkan progress. Bahkan pengerjaan tahap pertama revitalisasi lapangan yang pada zaman Belanda disebut sebagai De Esplanade ini pun telah selesai dilakukan Februari lalu. 

Informasi dari Dinas Perumahan Kawasan Permukiman, Cipta Karya dan Tata Ruang Kota Medan, pengerjaan tahap pertama revitalisasi Lapangan Merdeka yang dilakukan meliputi pemasangan bor pile atau pondasi tiang pancang dan penggalian basement (ruang bawah tanah). 

Ada 1.800 bor pile yang dipasang guna mendukung revitalisasi lapangan yang bertujuan untuk mengembalikan fungsinya sebagai ruang terbuka hijau (RTH) sekaligus cagar budaya tersebut. 

Selain RTH dan cagar budaya, Bobby ingin menjadikan lapangan yang dulunya sebagai alun-alun itu sebagai ruang publik sekaligus  tempat interaksi dan ragam kegiatan bagi warga Kota Medan.

“Untuk itu kami mohon doa dan dukungan penuh seluruh warga Kota Medan agar revitalisasi Lapangan Merdeka bisa selesai sesuai waktu yang ditetapkan,” Bobby, kemarin. 

Pasca selesainya pengerjaan revitalisasi tahap pertama, kini pengerjaan tahap kedua segera dilakukan. Kepala Dinas Perumahan Kawasan Permukiman, Cipta Karya dan Tata Ruang Kota Medan Endar Sutan Lubis saat ditemui di kantornya, Kamis (11/05/2023), membenarkannya. 

"Insya Allah, pengerjaan tahap kedua revitalisasi Lapangan Merdeka akan kita lakukan Mei 2023 ini juga. Apalagi pemenang lelang telah kita umumkan beberapa hari lalu. Saat ini kita masih menunggu hasil audit pengerjaan tahap pertama yang telah selesai dilakukan. Begitu hasil audit selesai, maka pengerjaan revitalisasi tehap kedua langsung kita mulai,” ungkap Endar.

Endar menambahkan, pengerjaan tahap kedua nanti akan fokus untuk pekerjaan struktur yang meliputi pekerjaan pendahuluan, tanah, struktur bawah dan struktur atas. Kemudian, imbuh Endar, diikuti pekerjaan arsitektur yang meliputi pekerjaan arsitektur lantai ground floor, pekerjaan arsitektur lantai basement 1 dan pekerjaan arsitektur lantai basement 2.(imc/bsk) 

Komentar

Berita Terkini