|

Tinjau Jalur Mudik, Kapolri Imbau Pilih Perjalanan Siang Hari

Kapolri Jenderal Sigit bersama rombongan tinjau jalur mudik di pelabuhan. (foto : dok)  

INILAHMEDAN
- Jakarta : Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengimbau masyarakat agar memilih alternatif perjalanan pada siang hari. Sebab, pemudik yang pulang kampung melalui pelabuhan cenderung lebih banyak melakukan perjalanan di malam hari.

Namun, Jenderal Listyo Sigit menekankan, bagi seluruh personil Polri telah diinstruksikan untuk melakukan pengawalan dan penjagaan di sepanjang jalur perjalanan, baik Pulau Sumatera maupun Jawa, pada siang maupun malam hari demi mewujudkan mudik yang aman dan nyaman bagi seluruh masyarakat. 

" Tentunya kami dari Polri akan mengawal apabila ada kerawanan-kerawanan di sepanjang jalan. Karena perjalanan siang itu mungkin menjadi pilihan yang kemudian beberapa waktu lainnya dipilih karena masalah risiko keamanan di jalan. Maka kami dari Polri akan mempersiapkan pengawalan baik yang memilih siang atau malam. Sehingga di jalan tidak ada gangguan kejahatan khususnya di jalur setelah turun dari Bakauheni dan mengarah ke tujuan masing-masing," ujarnya saat meninjau di Pelabuhan Merak pada Senin (10/04/2023).

Selain itu, personil kepolisian juga akan melakukan pengecekan hingga pengamanan di seluruh jalur yang mengarah ke Pelabuhan Merak, Ciwandan dan lainnya agar tidak terjadi gangguan keamanan yang bisa menghambat perjalanan mudik.

Demi mewujudkan mudik yang lebih baik, Jenderal Listyo Sigit memastikan pihaknya akan menyerap seluruh aspirasi dan masukan dari masyarakat. Oleh sebab itu, ia juga mengimbau kepada seluruh warga untuk bisa pro-aktif memberikan informasi-informasi terkait arus mudik dan balik Lebaran 2023.

" Saya minta seluruh jajaran melaksanakan pengecekan terkait masalah kerawanan apa yang menjadi keluhan masyarakat. Demikian juga kita harapkan juga masyarakat memberikan informasi. Sehingga kemudian terkait kerawanan apakah dari sisi ancaman pidana ataukah mungkin sisi jalur yang bisa diinformasikan ke kementerian terkait semuanya bisa terkendala," tuturnya. 

" Yang jelas mulai saat akan masuk ke Ciwandan sampai dengan nanti setelah turun apakah memilih Panjang atau Bakauheni saya minta seluruh jajaran Polri untuk mengawal dan mengamankan," tambahnya. (imc/joy) 


Komentar

Berita Terkini