|

Gubernur Harus Mampu Hindari Kepentingan Parpol Dalam Pengisian Jabatan Eselon II

Gubernur Sumut Edy Rahmayadi saat bertegur sapa dengan Fakhruddin, Pengamat Kebijakan Publik Sumatera Utara, dihalaman masjid rumah dinas gubernuran, beberapa waktu lalu.(foto: dok) 


INILAHMEDAN - Medan: Gubernur Sumut Edy Rahmayadi jangan sampai terjebak dalam kepentingan partai politik dalam pengisian jabatan eselon 2di lingkungan Pemprov Sumut, kata Pengamat Kebijakan Publik, Fakhruddin. 

"Isu-isu dari kepentingan partai politik harus bisa ditepis Gubernur dalam pengangkatan kepala dinas yang baru," katanya di Medan, Rabu (15/03/2023). 

Gubernur harus bisa mengangkat calon kepala dinas sesuai dengan elektabilitas buka berdasarkan kedekatan, atau kepentingan kelompok tertentu sebagaimana isu yang berkembang saat ini. 

Fakhruddin melihat sejauh ini hasil seleksi calon yang dilakukan pansel pada tahap awal hingga wawancara bahwa perangkingan sebagai indikator kualitas dan kredibilitas calon cenderung tidak konsisten. 

Menurut Fakhruddin, di antara nama-nama calon yang diserahkan ke Gubernur, ada beberapa nama yang layak untuk dilantik pada posisi masing-masing dan mempunyai rekam jejak yang layak di bidangnya. Seperti M Zakir Syarif Daulay yang saat ini diamanahkan sebagai Sekretaris Dinas Kehutanan dan juga sebagai Plt pada jabatan tersebut dan pernah menjabat sebagai Kadis Lingkungan Hidup dan Kadis Pertanian di salah satu kabupaten. 

"Alumnus Kehutanan IPB ini nilainya paling layak pada jabatan Kepala Dinas Kehutanan dan Lingkungan Hidup. Kemudian ada nama Dwi Endah Purwanty selaku Sekretaris Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah yang sudah menjabat lebih dari satu tahun sebagai Plt Kadis Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi Sumut. Ini termasuk kandidat paling layak sebagai pejabat defenitif di instansi yang dipimpinnya saat ini," jelasnya. 

Kemudian, kata Fakhruddin, nama Moettaqien Hasrimi yang saat ini menjabat kabag di salah satu Biro Administrasi Pimpinan dan sudah lebih setahun menjabat Plt Kabiro  Administrasi Pimpinan dan sangat layak dan sudah berpengalaman di bidangnya.

"Beliau ini sangat pantas menjabat menjadi Kepala Biro Administrasi Pimpinan Setdaprovsu," katanya. 

Sebagaimana diketahui, Tim Sel JPTP Pemprov Sumut saat ini sudah mengumumkan hasil akhir seleksi Jabatan Tinggi Pratama dan menghasilkan peringkat tiga besar pada 7 jabatan eselon II yang akan dilantik. Sebanyak 21 orang ini yang selanjutnya dipilih Gubernur Sumut dan di teruskan ke KASN. (imc/bsk) 


Komentar

Berita Terkini