|

Dalih Uang Keamanan, Polisi Sikat Pelaku Pungli UKM

Kasat Reskrim Polrestabes Medan Kompol Fathir. (foto : dok) 
INILAHMEDAN - Medan : Satreskrim Polrestabes Medan mengamankan pelaku pungutan liar (Pungli) terhadap Usaha Kecil Menengah (UKM) pada Sabtu (05/11/2022).

Kapolrestabes Medan Kombes Valentino Alfa Tatareda melalui Kasat Reskrim Kompol Teuku Fathir Mustafa, para pelaku diamankan dari dua lokasi berbeda.

" Pelaku inisial Z dan HR diamankan dikawasan Jalan Cemara. Sedangkan pelaku inisial EJPP diamankan dari kawasan Lapangan Merdeka," katanya. 

Kasat Reskrim menyebutkan bahwa para pelaku diamankan sesuai dengan perintah dari Kapolrestabes Medan untuk menjaga kegiatan usaha khususnya di kota Medan.

" Kami melakukan kegiatan operasi penindakan para pelaku pungutan liar kepada pedagang dengan dalih uang keamanan dan untuk menjaga lingkungan sekitar," tegasnya. 

Ia juga mengungkapkan kegiatan pungutan liar itu sudah berlangsung sekitar 6 sampai 8 bulan untuk mengambil uang setiap bulannya dengan tujuan kepentingan pribadi.

" Pelaku pungutan liar di Lapangan Merdeka mematok harga sebesar Rp 4.000.000 kepada pedagang yang berjualan. Dimana saat diamankan pelaku sedang mengambil uang panjar lapak jualan usaha kecil menengah (UKM) sebesar Rp 300.000," ungkapnya.

Sedangkan barang bukti yang diamankan berupa uang panjar sejumlah Rp 300.000, 1 kwitansi tertulis Rp 300.000 untuk lapak jualan, 1 kwitansi kosong, 1 Pulpen, 1 HP Android, 1 sepeda motor Satria Fu BK 5112 AYA.

" Terhadap para pelaku diterapkan pasal 368 KUHP dan saat ini masih dalam proses pemeriksaan," sebutnya.

Menurutnya, kegiatan operasi penindakan pelaku pungutan liar tersebut akan terus dilaksanakan dengan tujuan untuk menciptakan rasa aman dimasyarakat.

" Khususnya para pelaku usaha yang berjuang di pagi siang malam, inilah fokus kegiatan kami untuk menghilangkan segala bentuk pungutan yang dibebankan kepada para pelaku UMKM," jelasnya.

Selain itu, tambahnya, untuk kegiatan operasi penindakan terhadap para pelaku pungutan liar juga dilaksanakan oleh seluruh jajaran Polsek yang ada. (imc/joy) 


Komentar

Berita Terkini