|

Simalungun Peroleh Bantuan Rp219 M dari Pemprov Sumut Untuk Perbaikan Infrastruktur Jalan

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Simalungun memperoleh bantuan anggaran di tahun ini sebesar Rp219 miliar dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara (Sumut) yang dialokasikan untuk perbaikan infrastruktur jalan. (foto: bsk) 


INILAHMEDAN - Simalungun: Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Simalungun memperoleh bantuan anggaran di tahun ini sebesar Rp219 miliar dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara (Sumut) yang dialokasikan untuk perbaikan infrastruktur jalan. 

Bupati Simalungun Radiapoh Hasiolan Sinaga melalui Wakil Bupati Bupati Simalungun Zonny Waldi menyambut baik atas bantuan yang diberikan.

"Tolong sampaikan ke Pak Gubernur ucapan terima kasih dari Pemkab Simalungun. Karena pada tahun ini diberi anggaran peningkatan kualitas jalan dengan dana terbesar Rp219 miliar," kata Wakil Bupati Simalungun Zonny Waldi saat menerima kunjungan Forum Wartawan Pemprov Sumut bersama unsur Dinas Kominfo Sumut di Aula Dinas Pengendalian Penduduk dan KB Pemkab Simalungun, Kamis (27/10/2022).

Diakui Zonny Waldi, bantuan sebesar Rp219 miliar itu dinilai optimal dan cukup besar dibandingkan 33 kabupaten kota lainnya di Sumut.

"Masuknya bantuan ini, kami Simalungun ingin memperbaiki kualitas jalan, sehingga siapapun yang datang ke Simalungun bisa nyaman karena ruas jalan tidak bergelombang lagi," katanya. 

Diketahui, dari data Pemkab Simalungun kondisi jalan Kabupaten Simalungun mencapai 1800 kilo meter.

"Dengan dana itu daerah dataran rendah dan dataran tinggi akan terbantu di sektor transfortasinya," ujarnya. 

Pada kesempatan itu, Irwan Ginting Sekretaris Forum Wartawan Pemprov Sumut memberi sambutan atas kehadiran sejumlah wartawan dalam kunjungan resmi ke Pemkab Simalungun.

"Kedatangan kami sebagaimana program Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) dan Wakil Gubernur (Wagub) Sumatera Utara (Sumut) ingin mendalami terkait penanganan stunting di Simalungun yang diketahui mencapai angka 28 persen, mudah-mudahan bisa turun," katanya. 

Menurut Irwan, pihaknya percaya Pemkab Simalungun di bawah kepemimpinan Radiapoh Sinaga dan Zonny Waldi akan lebih baik terutama mengatasi persoalan stunting ini. 

Sementara, Iwan Sutani Siregar Kabid PIP Kominfo Sumut mengaku tidak asing lagi dengan Pemkab Simalungun, karena diawal menjadi aparatur sipil negara (ASN) dirinya bertugas di salah satu instansi di sana.

"Saya teringat periode 2008-2010, saya ASN di Simalungun ini," katanya. 

Sehingga, sebutnya, dirinya tahu betuk mengenai kondisi khususnya jalan-jalan kabupaten. "Syukur alhamdulillah Pemprov Sumut memberi bantuan bagi alokasi pembangunan terutama untuk peningkatan kualitas jalan yang kita tahu banyak yang rusak," ungkapnya.

Kegiatan, selanjutnya diakhiri pemberian bantuan kepada 9 (sembilan) ibu beserta anak terindikasi penderitaan stunting dari Pemprov Sumut yang diserahkan Wakil Bupati Simalungun Zonny Waldi didampingi Kadis Pengendalian Penduduk dan KB Pemkab Simalungun, dan Kadis Kominfo Simalungun.

Sedangkan dari Pemprov Sumut diwakilkan Kabid PIP Kominfo Sumut Iwan Sutani Siregar dan Sekretaris Forum Wartawan Pemprov Sumut Irwan Ginting.(imc/bsk) 

Komentar

Berita Terkini