|

Pelaku UMKM Sibolga Minta Pencairan Modal Dipermudah

Sosialisasi peningkatan kapasitas pelaku UMKM permodalan kredit usaha rakyat (KUR) di aula Kelurahan Pancuran Dewa, Kota Sibolga, Jumat (28/10/2022).(foto: riz) 


INILAHMEDAN - Sibolga: Puluhan masyarakat pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Kecamatan Sibolga Selatan, Kota Sibolga mengikuti sosialisasi peningkatan kapasitas pelaku UMKM permodalan kredit usaha rakyat (KUR) di aula Kelurahan Pancuran Dewa, Jumat (28/10/2022).

Usaha menengah yang ada di Kota Sibolga saat ini membutuhkan pinjaman modal apalagi dengan cara melalui program kredit usaha rakyat (KUR) dengan nominal suku bunga yang sangat rendah. Pelaku UMKM juga meminta peran pemerintah setempat agar pencairan mereka nantinya dapat dipermudah.

Hadir pada sosialisasi itu sebagian dari pedagang kalangan mikro, individu perorangan atau kelompok usaha yang memiliki usaha produktif dan layak.

Rizki Maulana selaku analis kredit Bank Sumut Kota Sibolga mengatakan, secara teknis dan persoalan terkendala di lapangan karena membludaknya berkas yang masuk dan tumpang tindih di kantor kelurahan. Namun diminta kepada calon peminjam modal diharapkan tidak mempunyai pembayaran kredit macet yang terdaftar di otoritas jasa keuangan (OJK) pinjaman online.

"Jadi berkas yang masuk ke Bank Sumut itulah nantinya kami verifikasi lagi, pengecekan data diri BI Checking (pengecekan riwayat kredit) nama debitur atau nama pasangan itulah yang harus kita butuhkan," ucapnya.

Rizki juga menjelasakan bahwa data debitur dan data pasangan tergolong dari satu grup. Sehingga kalau ada kredit macet itu tidak akan terealisasi. 

"Itulah poin yang paling penting," sebutnya.

Ketua Dewan UKM Kota Sibolga Hendra Saputra mengatakan, dirinya berharap sebagai mitra kerja dapat terus tetap mendukung program pemerintah dalam bantuan modal kerja pelaku UMKM di Kota Sibolga.

"Sampai hari ini sesuai pengamatan kami ada beberapa kelemahan baik di pihak lerbankan dan pelaku UMKM. Makanya kita perlu diskusi persoalan itu di mana paling tidak dengan kegiatan ini target Pemerintah Kota semakin banyak, dan masyarakat yang menerima KUR tentu perekonomian semakin jalan," katanya.(imc/riz)

Komentar

Berita Terkini