|

Objek TWI Sitinjo Kini Sediakan Toilet Premium Bagi Wisata

Bupati Eddy tanda tangani penyerahan fasilitas toilet premium. (foto : dok) 
INILAHMEDAN - Dairi : Taman Wisata Iman (TWI) di Kecamatan Sitinjo, Kabupaten Dairi terus dibenahi dan ditata pembangunannya oleh pemerintah Kabupaten Dairi. 

Penataan dan pembenahan Fasillitas untuk melayani pengunjung diobjek wisata Taman wisata Iman yang sebelumya tak memiliki toilet premium, kini sudah punya untuk fasilitas bagi pengunjung diobjek TWI. 

Bupati Dairi Eddy Keleng Ate Berutu melakukan penandatanganan serah terima aset antara Pemerintah Kabupaten Dairi dengan Balai Prasarana Permukiman Wilayah Sumatera Utara.

Dalam penandatanganan serah terima aset berupa toilet premium yang dilakukan langsung oleh  Bupati Dairi Eddy Keleng Ate Berutu dan Balai Prasarana Permukiman Wilayah Sumatera Utara diwakili oleh Normalina Purba pada Selasa (04/10/2022).  

Selain serah terima aset bangunan toilet premium, juga dilakukan penyerahan 1 unit truk pengangkut tinja.

Dikesempatan itu Normalina menjelaskan, bangunan toilet premium ini dibangun oleh Direktorat Jenderal Cipta Karya Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat dengan nilai anggaran Rp 2,1 miliar. 

" Toilet premium ini untuk mendukung pengembangan Kawasan Pariwisata Nasional (KSPN) Danau Toba," sebutnya.

Menurutnya Dairi sangat beruntung memiliki fasilitas toilet premium yang berada di lokasi TWI Situnjo. Ini merupakan satu-satunya diantara 33 kabupaten/kota di Sumatera Utara.

" Kami berharap keberadaan toilet ini akan dapat mendongkrak wisatawan yang ingin berkunjung ke TWI ini. Kami juga berharap aset ini dapat dimanfaatkan dengan baik untuk melayani wisatawan," ucapnya.

Dengan diserahkannya bangunan toilet premium dan mobil pengangkut tinja, Bupati Eddy mengucapkan terima kasih kepada pemerintah pusat dan Kementrian PUPR serta Balai Prasarana Permukiman Wilayah Sumatera Utara.

Ia berharap, toilet premium dengan fasilitas lengkap seperti ruang laktasi untuk ibu menyusui, serta ruang toilet yang ramah untuk pengunjung disabilitas, serta truk tinja dapat terjaga dan terawat. 

" Aset bangunan ini, sekarang sudah menjadi milik kita, artinya perawatan aset ini sepenuhnya ada pada kita. Saya titip pada Dinas Pariwisata, agar menjaga toilet ini. Dengan penjagaan dan kualitas yang setara sesuai dengan namanya prima," ujar Eddy Berutu.

Eddy Berutu pun berharap toilet premium ini mampu meningkatkan angka kunjungan wisatawan, sebagai fokus awal adalah wisatawan lokal. 

Ruang ATM yang masih kosong disebutkannya, agar segera diisi dan diperlengkapi, untuk memudahkan para wisatawan melakukan transaksi perbankan.

" Menjelang liburan akhir tahun nantinya, semoga kunjungan wisatawan makin meningkat.

Demi mengantisipasi kebutuhan pengunjung akan fasilitas ATM. Saya berharap pihak perbankan segera mengisi ruang kosong ini, karena akan banyak pengunjung yang akan membutuhkannya nanti," imbuh Eddy Berutu.

Penyerahan aset toilet premium dan mobil truk pengangkut tinja, turut disaksikan kepala Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga, Rahmat Syah Munthe., 

Kepala Dinas PUTR Hotmaida Butar-butar, Camat Sitinjo Simon Toni Malau dan rombongan dari Balai Prasarana Permukiman Wilayah Sumatera Utara. (imc/nt/am)


Komentar

Berita Terkini