|

UT Medan Sasar Batubara, Ilyas Sitorus: Solusi Lanjutkan Pendidikan ke Perguruan Tinggi

Bupati Batubara Zahir diwakili Kadisdik Batubara Ilyas Sitorus membuka sosialisasi program Universitas Terbuka (UT) Medan di Aula Rumah Dinas Bupati di Tanjung Gading Sei Suka, Selasa (05/07/2022). (foto: eka) 


INILAHMEDAN - Batubara: Bupati Batubara Zahir membuka sosialisasi program Universitas Terbuka (UT) Medan di Aula Rumah Dinas Bupati di Tanjung Gading Sei Suka, Selasa (05/07/2022). Sosialisasi dihadiri Direktur UT Medan Yusrafiddin beserta jajarannya. 

"Saya berharap UT dapat membantu memberikan solusi bagi masyarakat Batubara yang ingin melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi namun terkendala banyak hal terutama waktu dan pembiayaan," kata Bupati Zahir yang diwakili Kadisdik Batubara Ilyas Sitorus. 

Ilyas mengatakan UT Medan adalah Universitas Negeri yang ke-45 yang didirikan pada 1984. Tujuan UT dibuka untuk memberikan kesempatan bagi warga negara Indonesia di manapun berada untuk memperoleh pendidikan tinggi. UT juga merupakan solusi dalam layanan pendidikan tinggi bagi orang-orang yang karena bekerja atau karena alasan lain tidak dapat melanjutkan pendidikannya di perguruan tinggi melalui tatap muka. 

"UT juga mengembangkan program pendidikan akademik dan profesional sesuai dengan kebutuhan nyata pembangunan yang belum banyak dikembangkan perguruan tinggi lain," kata mantan Kepala Biro Humas Keprotokolan Setdaprov Sumut ini.

Ilyas juga mengajak keluarga besar Dinas Pendidikan khususnya tenaga pendidik dan kependidikan yang belum mengikuti layanan pendidikan tinggi atau ingin mengikuti program sertifikat untuk peningkatan kompetensi keahlian. Seperti bagi para Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) setara Diploma 1 (D-1), yaitu Program Sertifikat Guru Pendamping Muda Pendidikan Anak Usia Dini (PSGPM-PAUD). Begitu juga bagi guru-guru Sekolah Dasar. 

"Jadi UT disiapkan pemerintah untuk menjangkau yang tak terjangkau. Mari kita manfaatkan kesempatan ini untuk kita meningkatkan kualifikasi diri," ajak Ncekli sapaan akrab Ilyas Sitorus. 

Sementara Direktur UT Medan Yusrafiddin mengapresiasi Bupati Batubara yang telah memfasilitasi sosialisasi ini. 

"Kami berkomitmen terus memberikan bantuan kepada calon mahasiswa dan mahasiswa UT untuk dapat mengikuti program peningkatan kualifikasi ini dengan sebaik-baiknya," kata Yusra. 

Unit Program Belajar Jarak Jauh Universitas Terbuka (UPBJJ) UT Medan, kata Yusra, terus dan akan mendorong untuk cara belajar mandiri dalam banyak hal agar mahasiswa memiliki kemampuan belajar secara efektif.(imc/eka) 

Komentar

Berita Terkini