|

Warga Karo dan Langkat Keluhkan Listrik Padam Beberapa Kali Dalam Sehari

Petugas PLN tengah memperbaiki jaringan listrik. (foto: ist) 


INILAHMEDAN - Karo: Warga di berbagai kecamatan di Kabupaten Karo dan Langkat, Sumatera Utara, mengeluhkan kondisi listrik di daerahnya yang sering mengalami pemadaman setiap hari.

Kohar Pencawan, Sekretaris Desa Perbesi, Kecamatan Tigabinanga, Kabupaten Karo, mengatakan pihak pemerintah desa sudah sering mendapat keluhan warga mengenai kondisi listrik yang dialirkan PLN ke desanya.

"Di desa kami listrik bisa padam beberapa kali dalam sehari," ujarnya, Senin (20/06/2022).

Menurut Kohar, desanya kerap mengalami byarpet listrik. Kondisi ini sudah berlangsung selama bertahun-tahun. Bahkan saking seringnya dan sudah berlangsung lama, kondisi tersebut seolah sudah menjadi rutinitas.

Memang, katanya, setiap kali padam hanya berlangsung beberapa detik atau atau beberapa menit. Namun, kondisi itu malah lebih berkemungkinan menimbulkan dampak yang lebih buruk. Terutama terhadap barang-barang elektronik yang menjadi lebih mudah rusak. 

Kohar memastikan, kondisi byarpet listrik ini bukan hanya menjadi "rutinitas" bagi desanya, tetapi berlangsung juga di desa-desa lain di Kecamatan Tigabinanga. Pemerintah desa dan berbagai elemen masyarakat sudah sering memertanyakan masalah ini ke kantor PLN terdekat, tetapi mereka hanya mendapat jawaban teknis mengenai terjadinya gangguan jaringan.

J Tarigan, warga Desa Simolap, Kecamatan Tigabinanga, juga mengatakan hal yang sama. Menurut dia, selain beberapa kali padam dalam sehari, waktu padam listrik juga tidak menentu.

Istrinya merupakan pengelola puskesmas di desa tersebut. Dia sering merasa prihatin melihat pelayanan puskesmas mengalami gangguan setiap terjadi padam listrik.

"Kasihan warga yang datang berobat karena alat-alat kesehatan sekarang sudah banyak yang pakai elektronik," ujarnya.

Masih di Kabupaten Karo, nada sama juga dilontarkan Sehingga Perangingangin, tokoh masyarakat Desa Narigunung, Kecamatan Tiganderket. Kondisi ini, katanya, juga acap berdampak terhadap pelaksanaan acara-acara adat dan keagamaan.

Los atau jambur dan gereja di desanya serta desa-desa sekitar tidak memiliki genset. Dengan begitu, padam listrik akan mengakibatkan terhentinya aktivitas adat dan ibadah yang saat ini sudah sangat tergantung dengan peralatan elektronik.

Selain Tanah Karo, byarpet listrik juga kerap terjadi di Kabupaten Langkat, terutama Kecamatan Bahorok. Kondisi itu pun sudah berlangsung selama bertahun-tahun. Masalah ini sangat disesalkan masyarakat, terlebih kecamatan itu memiliki dua kawasan wisata andalan Sumut, yakni Bukit Lawang dan Tangkahan.

Titik Pinem, tokoh masyarakat Desa Bukit Lawang, mengatakan sekuat apapun dukungan masyarakat terhadap pengembangan kawasan wisata akan sia-sia jika kondisi listrik tidak mengalami perbaikan. Malah, kondisi ini akan menjadi hal yang memalukan bagi wisatawan.

"Kita di sini sering mendengar turis atau wisatawan lokal mengeluh, katanya lokasi wisata kelas dunia, tapi kok listriknya mati hidup," ujar Titik yang juga mantan Kepala Desa Bukit Lawang.

Dia berharap kondisi ini segera dibenahi PLN agar kemajuan dan pembangunan apapun yang akan dilakukan pemerintah dan masyarakat dapat berjalan lancar. Apalagi saat ini Pemprov Sumut sedang memerioritaskan pengembangan kawasan wisata Tangkahan dan Bukit Lawang.(imc/bsk) 

Komentar

Berita Terkini