|

Dinas PU Medan dan BWSS II Tangani Luapan Air Sungai Deli

Dinas Pekerjaan Umum (PU) Medan menindaklanjuti laporan warga terkait meluapnya air Sungai Deli di Kelurahan Sei Putih Barat Kecamatan Medan Petisah, Rabu malam (22/06/2022).(foto: bsk) 


INILAHMEDAN - Medan: Dinas Pekerjaan Umum (PU) Medan menindaklanjuti laporan warga terkait meluapnya air Sungai Deli di Kelurahan Sei Putih Barat Kecamatan Medan Petisah, Rabu malam (22/06/2022).

Kadis PU Medan Topan Ginting malam itu juga hingga dinihari turun ke lokasi untuk mengetahui penyebab banjir sekaligus mencari solusi menanganinya.

Topan juga berkoordinasi dengan Kepala Badan Wilayah Sungai Sumatera (BWSS) II  Mohammad Firman. Keduanya Kamis (23/06/2022) sore kembali turun ke lokasi.  

Peninjauan diawali di Jalan Batu Tulis Kelurahan Sei Putih Barat. Lalu berlanjut ke Titi Sei Sikambing Jalan Gatot Subroto. Turut dalam peninjauan itu Camat Medan Petisah, Kepala UPT Wilayah Barat Dinas PU Medan, dan Lurah Sei Putih Barat.

Menurut Topan, dalam menangani banjir di Medan, memang harus dilakukan secara komprehensif, tidak bisa parsial-parsial.

"Kita tahu, kewenangan pengelolaan sungai dan drainase primer itu ada di BWSS II. Untuk itu, kita harus sepakat dulu, kemudian pengerjaannya juga harus berkesinambungan, tidak boleh terpisah-pisah, harus bersama," ucapnya.

Topan mengatakan, hasil diskusinya dengan Kepala BWSS II menghasilkan kesepakatan bahwa penanganan banjir ini dilakukan secara komprehensi. Kolaborasi antara Pemko Medan dengan BWSS, tambahnya, tentu akan melahirkan hasil yang maksimal.  

"Hasil dari monitoring ini akan kita laporkan kepada Wali Kota. Mana yang menjadi bagian kota akan kita selesaikan, mana yang jadi bagian BWSS pasti akan diselesaikan BWSS. Kalau kita berkolaborasi pasti kita akan mendapatkan hasil yang maksimal," katanya.

Kepala BWSS II Mohammad Firman mengatakan pihaknya dengan Dinas PU, unsur camat, dan lurah setempat telah mengidentifikasi lokasi yang terkena banjir dan berkoordinasi untuk menentukan penanganan seperti apa yang akan dilakukan.(imc/bsk) 

Komentar

Berita Terkini