|

Bupati Zahir Hadiri Penyerahan Zakat dan Pemberian Bantuan Modal Pertanian

Bupati Batubara Zahir menghadiri penyerahan zakat pertanian dan pemberian pinjaman bantuan modal pertanian yang diselenggarakan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Batubara di Masjid Al-Ikhlas, Pasar Kacang, Desa Sumber Tani, Kecamatan Datuk Tanah Datar, Sabtu (04/06/2022).(foto: eka) 


INILAHMEDAN - Batubara: Bupati Batubara Zahir menghadiri penyerahan zakat pertanian dan pemberian pinjaman bantuan modal pertanian yang diselenggarakan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Batubara di Masjid Al-Ikhlas, Pasar Kacang, Desa Sumber Tani, Kecamatan Datuk Tanah Datar, Sabtu (04/06/2022).

Bupati mengatakan pemberian zakat dilakukan oleh Kelompok Tani (Poktan) Al-Jami’ dan Al-Ikhlas Desa Sumber Tani kepada anggota poktan dan masyarakat tidak mampu.

"Adanya penambahan hingga 31 orang menandakan hasil panen petani meningkat," kata Bupati. 

Bupati juga mengapresiasi poktan dan Desa Sumber Tani bisa menjadi contoh untuk desa lain agar masyarakat desanya sejahtera.

Baznas membina poktan sehingga hasil panennya dizakatkan kepada anggota dan masyarkat tidak mampu. Ada 131 orang yang diberikan, tahun lalu 100 orang yang menerima zakat.

Ketua Baznas Kabupaten Batubara Padli mengatakan kegiatan ini adalah program Bupati Zahir d ibidang pertanian dan mengupayakan kesejahteraan masyarakat Batubara seperti di Desa Sumber Tani. 

Menurut Padli, di tahun ini akan ada penambahan 1 poktan dari yang sebelumnya 2 poktan.

"Tahun ini ada penambahan 31 orang penerima zakat, sehingga sebanyak 131 orang akan menerima zakat nantinya," katanya.

Di Desa Sumber Tani ini ada 2 poktan yaitu Poktan Al-Jami’ dan Al-Ikhlas. 

“Poktan di Desa Sumber Tani di tahun ini akan ditambah menjadi 3 kelompok. Sementara untuk penerima zakat sebanyak 131 orang,” ungkap Padli.

Diketahui Desa Sumber Tani, Kecamatan Datuk Tanah Datar, merupakan desa percontohan pengelolaan zakat yang dibina Baznas Kabupaten Batubara.

Dalam kegiatan ini Bupati Zahir menyerahkan pinjaman bantuan modal pertanian kepada 2 Poktan Sumber Tani.(imc/eka) 

Komentar

Berita Terkini