|

Antisipasi Kemacatan Lalin, Bupati Perintahkan Dishub Dan Polantas Monitoring

Bupati Eddy saat monitoring kemacatan di Jalan Lintas Medan-Sidikalang. (foto : nt) 
INILAHMEDAN - Dairi : Bupati Dairi Eddy Berutu memerintahkan jajaran Dinas Perhubungan (Dishub) untuk melakukan monitoring arus lalu lintas (lalin) secara periodik di sepanjang jalan Sidikalang-Medan tepatnya di wilayah Sumbul hingga Tanjung Beringin.

Hal itu disampaikannya mengingat saat terjebak macet sekembali dari Jakarta pada Minggu (05/06/22) dari pukul 24.00 sampai pukul 04.00 WIB. 

Berdasarkan pengamatan saat itu, kemacetan lebih disebabkan pekerjaan dan perbaikan di sepanjang jalan tersebut.

Bupati juga meminta pada pihak yang menangani pekerjaan jalan untuk tetap berkoordinasi dengan Dishub Dairi dan Polres agar arus Lalin yang akan keluar-masuk ke wilayah Dairi harus saling bersinergi.

" Dapat kami laporkan situasi dan kondisi kejadian macet di Jalan Lintas Medan-Sidikalang yaitu ruas jalan Tanjung Beringin Sumbul pada Sabtu dini hari mengakibatkan transportasi dari dan ke Sumbul–Sidikalang macet total selama beberapa jam," kata Kadis Perhubungan Dairi Parulian Sihombing 

Namun, dengan kesiapsiagaan Satlantas Polres Dairi dan Dinas Perhubungan Dairi lalu lintas sudah berangsur normal dengan melakukan pengaturan kendaraan dan metode buka tutup (contra flow) serta kendaraan angkut berat seperti truk CPO yang bermuatan tidak diperbolehkan dahulu melintas. 

Selain itu, dia juga mengimbau agar pengguna jalan tetap berhati-hati dan mematuhi aturan lalu lintas.

Pekerjaan proyek Jalan Sumbul– Tanjung Beringin untuk sementara menyebabkan penyempitan bahu jalan (Beram) serta ada galian yang mengharuskan pengguna jalan berkendaraan dengan ekstra berhati-hati. 

" Adanya tumpukan material dibahu jalan berupa batu, pasir dan sertu," jelasnya. 

Pihaknya menyebutkan bahwa untuk kendaraan angkut berat seperti truk CPO, truk BBM dan lainnya semestinya beroperasi pada malam hari sehingga potensi untuk menimbulkan macet bisa dikendalikan. 

Mencegah kejadian serupa, diminta kepada Dinas Perhubungan untuk melakukan pengaturan dan monitoring lalu lintas di beberapa ruas jalan yang sedang diperbaiki tersebut. Dan, bila diperlukan lakukan rekayasa lalu lintas apabila pelebaran jalan pada tahap finishing.  (imc/nt)


Komentar

Berita Terkini