|

Rakerda Metrorakyat.com, PWI Sumut: Media Online Perubahan yang Tidak Bisa Dihindari

Media online Metrorakyat.com merayakan HUT ke-5 dirangkai pelaksanaan rapat kerja daerah (rakerda) di Hotel Madani, Sabtu (14/05/2022).(imc/bsk) 


INILAHMEDAN - Medan: Media online Metrorakyat.com merayakan HUT ke-5 dirangkai pelaksanaan rapat kerja daerah (rakerda) di Hotel Madani, Sabtu (14/05/2022).

Menurut Pimpinan Umum Metrotakyat.com Irwan Manalu, HUT dan rakerda ini untuk mengevaluasi kinerja jajaran redaksi selama lima tahun dan sudah memiliki biro-biro di seluruh daerah di Indonesia. 

Menurut Irwan Manalu, Metrotakyat.com berdiri dan memiliki legalitas hukum sejak 2018 lalu di bawah naungan PT Metro Rakyat Kreasi.

"Metrorakyat.com juga sudah terdaftar di dewan pers dengan status terverifikasi administrasi dan faktual. Saat ini kita terus berkiprah mengembangkan sayap sebagai media online yang profesional," kata Irwan Manalu. 

Sementara Pemimpin Redaksi Metro Rakyat.com Jenda Bangun menekankan agar seluruh kepala biro Metrorakyat.com di daerah-daerah tetap konsisten dan terus meningkatkan profesionalitas sebagai wartawan sebagaimana yang diatur dalam UU No 40 tahun 1999 tentang kode etik jurnalistik. 

Karena menurut wartawan senior ini, isi pemberitaan bisa menjadi masalah hukum dan berdampak pada wartawan, redaktur, pemred dan perusahan media itu sendiri. 

"Keseimbangan berita lewat konfirmasi merupakan keabsahan dari informasi yang akan kita tayangkan sebaimana diatur dalam UU No 40 Tahun 1999 serta Kode Etik Jurnalistik," tegasnya.

"Mari kita besarkan media ini, jaga nama baiknya, jalin komunikasi baik dengan nara sumber. Besarnya media, adalah juga kebesaran wartawan itu sendiri," terangnya.

Mewakili Komisaris, Muhammad Wisnu Abdullah pada kesempatan itu menyampaikan selamat HUT ke-5 Metrorakyat.com. Wisnu juga menceritakan sedikit tentang sejarah berdirinya media Metrorakyat.com. 

"Saat itu saya melihat, bang Irwan Manalu, sangat gigih membuat bagaimana media online Metrorakyat.com ini terus eksis sehingga jumlah biro dan wartawan semakin bertambah di seluruh daerah di Indonesia. Dulu ada almarhum ayah saya selaku salah satu pendiri, namun setelah tiada, dengan gigih nya bg Irwan Manalu dan tim termasuk saya turut membesarkan media ini," kata Wisnu. 

"Semoga di usia yang ke 5 tahun media online Metrorakyat.com semakin berkibar dan jaya," sambungnya. 

Sementara iKetua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sumut, Farianda P Sinik yang diwakili bidang organisasi Proklamasi Naibaho mengatakan perkembangan teknologi modern saat ini membawa banyak perubahan dan salah satunya adalah media. 

 "Saat itu informasi didapat dari televisi, radio dan koran. Koran harus memiliki oplah besar agar informasi tersampaikan. Namun sesuai perkembangan jaman, dan lahirnya gadget, masyarakatpun sudah mendapatkan berbagai kemudahan, salah satunya informasi. Kemudian muncullah website yang akhirnya dijadikan media online. Ini tidak bisa dihindari. Inilah perubahan yang harus diikuti dan tidak bisa dihindari," kata dianggap enteng," pesan mantan anggota DPRD Kota Medan ini. 

Sementara Sekretaris Serikat Media Siber Indonesia Sumut Erris J Napitupulu mengimbau agar semua perusahan media dapat melengkapi persyaratan agar dapat terdaftar di dewan pers. Karena ke depan, tanbahnya, pemerintah tidak akan menerima kerja sama dengan perusahaan media yang belum terdaftar di dewan pers secara nasional.

Mewakili Kodam I/BB yang diwakili Kasi Online Mayor Masniar mengucapkan selamat atas usia ke 5 tahun Metrorakyat.com. Masniar pun mengatakan permohonan maaf atas ketidakhadiran Kapendam I/BB yang karena tugas mendadak tidak dapat hadir dan mendelegasikan dirinya untuk dapat menghadiri undangan HUT ke 5 media online netrorakyat.com.(imc/rel) 

Komentar

Berita Terkini