|

2299 Personil Diterjunkan Poldasu Dan Jajaran Pada Ops Kewilayahan Keselamatan Toba 2022

Dirlantas Poldasu Kombes Indra. (foto : dok) 
INILAHMEDAN - Medan : Direktur Lalu lintas (Dirlantas) Kombes Indra Darmawan Irianto menggelar operasi mandiri kewilayahan Keselamatan Toba 2022 di halaman Mapolda Sumut, Selasa (01/03/22). 

Dalam kegiatan itu, sebanyak 2299 personil yang dikerahkan terdiri dari Satgas Poldasu 150 personil dan untuk Satgas wilayah 2149. 

Sementara konsep operasi tersebut yakni Harkamtibmas bidang Lantas dengan mengedepankan Giat Preemtif dan Preventif guna mewujudkan Kamseltibcar Lantas yang aman, nyaman serta bertujuan untuk meningkatkan kesadaran  masyarakat dalam mematuhi protokol kesehatan (Prokes). 

Dirlantas Kombes Indra menyematkan pita tanda dimulai Ops Keselamatan Toba 2022 pada personil. (foto : dok) 
Operasi mulai berlangsung sejak 01 s/d 14 Maret mendatang dengan sasaran antara lain, 1. Memutus rantai penyebaran covid-19 dan mencegah kerumunan massa. 2. Menekan jumlah pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas serta korban fatalitas. 

3. Terciptanya situasi Kamseltibcar Lantas yang aman dan nyaman serta ke 4. Menurunkan Level PPKM di wilayah Kabupaten/Kota. 

Sedangkan untuk sanksi yang diberikan terhadap sasaran operasi tersebut dengan melakukan teguran secara simpatik terhadap 9 (pelanggaran yang berpotensi menimbulkan kecelakaan lalu lintas dan korban fatalitas) yaitu : 1. Pengemudi Ranmor yang menggunakan HP. 2. Pengemudi Ranmor masih di bawah umur. 

3. Berboncengan lebih dari 1 orang. 4. Tidak menggunakan Helm SNI. 5. Mengemudikan Ranmor dengan pengaruh Alkohol. 6. Melawan arus7. Tidak menggunakan Safety Belt. 8. Ugal-Ugalan dan 9. Over Dimensi Over Load (ODOL). 

Para Kasatwil Poldasu yang mengikuti gelar apel Keselamatan Toba 2022. 
Namun, bentuk preemtif yang akan dilakukan yakni berupa : melaksanakan Binluh kepada masyarakat tentang Kamseltibcar Lantas dan covid-19 dengan sejumlah kegiatan sosialisasi serta kampanye baik melaluimedia cetak, elektronik, maupun Medsos dan pemasangan spanduk, banner, baliho, penyebaran leaflet dan stiker.

Selain itu, membuat imbauan di Videotron Kota Medan dan dijajaran. Membagikan masker kepada pengguna jalan dan memberi sembako kepada masyarakat.  

Sedangkan tindakan kegiatan preventif diantaranya, penjagaan dan pengaturan lalu lintas, patroli Lantas di lokasi rawan macet dan Laka Lantas juga melaksankan Blue Light Patrol. Pengawalan sesuai kebutuhan, pengawasan, pengendalian serta Dumas dan Yanmas. (imc/joy) 


Komentar

Berita Terkini