|

Lagi, Disdik Batubara Terima Penghargaan Kategori Pemanfaatan Digitalisasi

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Batubara Ilyas Sitorus menerima penghargaan BPI Awards dengan Nominasi Pembangunan dan Pemanfaatan Sistem Kerja Berbasis Aplikasi.(foto: bsk) 


INILAHMEDAN - Jakarta: Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Batubara Ilyas Sitorus menerima penghargaan BPI Awards dengan Nominasi Pembangunan dan Pemanfaatan Sistem Kerja Berbasis Aplikasi.

Awards diberikan Brigjen Pol Erwin Chahara Rusmana sebagai Pembina Badan Peneliti Independen Kekayaan Penyelenggara Negara dan Pengawas Anggaran Republik Indonesia (BPI KNPNA) RI di Ball Room Semeru The Sultan Hotel & Residence Jakarta, Kamis ?10/02/2022). 

Dalam perhelatan Perayaan HUT ke-20 BPI KPNPA RI itu, selain pelantikan Deputi Investigasi dan Intelijen Angling Darma, juga diberikan Penghargaan BPI Awards kepada para penyelenggara negara dan daerah yang dinilai dari berbagai kategori dan nominasi. Ada 4 gubernur, 4 bupati/wali kota dan 20 dari jajaran aparat hukum serta 7 organisasi perangkat daerah se Indonesia yang menerima awards. 

Sementara Anglin Darma, Deputi Investigasi dan Intelijen BPI KNPNA RI, mengatakan, sejak masa pandemi Covid-19, Disdik Batubara banyak memanfaatkan digitalisasi dalam bidang pendidikan. Selain dalam pembelajaran, juga yang tak kalah menariknya adalah keterbukaan dalam penerimaan dan pemanfaatan serta pelaporan dana Bantuan Operasional Sekolah untuk semua jenjang. 

"Di mana mulai dalam penyusunan Rencana Kegiatan Anggaran Sekolah sampai kepada pelaksanaan dan pelaporan dana BOS sudah memanfaatkan teknologi berbasis aplikasi. Sehingga satuan pendidikan tidak perlu harus datang ke disdik,' katanya. 

"Inilah menjadi salah satu perhatian kami dan tim sehingga apa yang dikembangkan Dinas Pendidikan Kabupaten Batubara sangat menyesuaikan dengan era pandemi dan era digital sebagai mana harapan Presiden Jokowi," sambungnya. 

Sementara Kadisdik Batubara Ilyas Sitorus mengatakan pemerintahan yang memanfaatkan digitalisasi akan efisiensi biaya dan waktu dalam pelayanan publik. 

"Digital dapat bermacam-macam, mulai dari digital pelayanan, laporan, pemasaran dan lainnya," kata Ilyas. 

Disdik Batubara, kata Ilyas, terus berupaya untuk mengembangkan aplikasi yang telah dibangun seperti PPBD Online, e-simpelbos.batubarakab, e-layanan, e-mgmp, e-mentoring, e-supervisi, e-dupak, e-saspras, e-layanan, e-keuangan dan lainnya. 

"Semua ini terus berkembang karena Bupati Batubara sangat mendukungnya," katanya.(imc/bsk) 

Komentar

Berita Terkini