|

Kadisdik Batubara Ilyas Sitorus Apresiasi Bank Sumut Siap Fasilitasi API

Kadisdik Batubara Ilyas Sirorus pada diskusi bersama Tim DDJ dan Tim IT di gedung PT Bank Sumut Jalab Zainul Arifin/Imam Bonjol Medan, Kamis (24/02/2022).(foto:'bsk) 


INILAHMEDAN - Medan: Kadisdik Batubara Ilyas Sitorus mengatakan pihaknya memanfaatkan teknologi digitalisasi bidang pendidikan di masa pandemi. 

"Termasuk juga dalam penerimaan dan pemanfaatan serta pelaporan dana Bantuan Operasional Sekolah untuk semua jenjang," kata Ilyas pada diskusi bersama Tim DDJ dan Tim IT di gedung PT Bank Sumut Jalab Zainul Arifin/Imam Bonjol Medan, Kamis (24/02/2022). 

Ilyas mengatakan dalam penyusunan Rencana Kegiatan Anggaran Sekolah sampai kepada pelaksanaan dan pelaporan dana BOS sudah memanfaatkan teknologi berbasis aplikasi sehingga satuan pendidikan tidak perlu datang ke Disdik. 

Demikian juga dengan penarikan dana BOS di bank penyalur juga sudah dilakukan dengan berbasis aplikasi sehingga kepala sekolah/vendahara tidak mesti ke Kkntor Disdik. Namun persyaratan untuk penarikan dana tersebut sudah tersistim dari aplikasi simpelbos.disdikbatubarakab.

Mantan Kepala Biro Humas Keprotokolan Setdaprovsu ini juga mengatakan bank penyalur cukup melakukan validasi saja pada 6 (enam) digit terakhir dari surat rekomendasi tersebut dan surat rekomendasi tersebut hanya berlaku selama 12 jam. Selebihnya UPT wajib mengajukan kembali dengan tetap berbasis aplikasi. 

Bupati Batubara Zahir selalu menekankan kepada semua OPD untuk memanfaatkan dan terbiasa dengan teknikogi digitalisasi. Menurut Zahir digital dapat bermacam-macam, mulai dari digital pelayanan, laporan, pemasaran dan lainnya. 

Sementara Hottua Samosir selaku tim IT Disdik Batubara mengatakan sekolah ke depan tidak perlu lagi melakukan pencatatan jika terjadi transaksi yang dilakukan sekolah. Sehingga apa yang terjadi di Bank Sumut pada saat yang bersamaan juga, itu yang terjadi di aplikasi disdik. 

"Kami siap menyesuaikan kebutuhan dalam menampung pencatatan yang dilakukan PT Bank Sumut," kata Samosir.

Sebelumnya Pemimpin Bidang PPK DDJ PT Bank Sumut Sabar Ginting menyambut baik rencana ini dan segera menindakanjutinya. 

"Kami akan fasilitasi API (Application Programming Interface) awal Maret 2022. Apa yang diharapkan dalam surat Disdik Batubara dan diskusi hari ini secepatnya direalisasikan," sebut Sabar Ginting.(imc/bsk) 

Komentar

Berita Terkini