|

Bobby Ingin Kembalikan Kota Lama Kesawan Seperti Desain Awal Masa Jaman Belanda

Wali Kot Medan Bobby Nasution saat meninjau kawasan Kota Lama Kesawan belum lama ini. (foto: dok) 


INILAHMEDAN - Medan: Wali Kota Medan Bobby Nasution ingin mengembalikan kawasan Kota Lama Kesawan seperti desain awal pada masa zaman Belanda dulu.

Nantinya kawasan tersebut akan mengusung konsep bangunan tua yang bergaya campuran antara arsitektur Eropa, Melayu dan Cina serta kaya akan nilai artistik dan sejarah. Guna mendukung keinginan itu, OPD terkait di lingkungan Pemko Medan diminta untuk menyiapkan detail perencanaan Kota Lama Kesawan tersebut.

Menurut Bobby, bangunan-bangunan tua yang ada di kawasan tersebut akan dikembalikan bentuknya seperti dulu. Kemudian disediakan juga ruang bagi pejalan kaki dengan membuat selasar-selasar atau arcade pertokoan.

“Melalui penataan yang dilakukan nanti, saya berkeinginan secara fungsinya nanti dapat memberikan manfaat kepada masyarakat, sehingga mereka dapat merasa aman dan nyaman, khususnya bagi para wisatawan yang mengunjungi kawasan Kota Lama Kesawan,” kata Bobby.

Kadis Perumahan Kawasan Permukiman dan Penataan Ruang (DPKPPR) Kota Medan Endar Sutan Lubis membenarkan apa yang disampaikan orang nomor satu  di Pemko Medan tersebut.

Saat dihubungi, Jumat (04/12/2021), Endar memgatakan, Wali Kota ingin mengembalikan kawasan Kota Lama Kesawan seperti sejak awal desain pada zaman Belanda. Di samping itu, Wali Kota juga ingin memfungsikan kembali ruang pedestrian guna memberikan keamanan dan kenyamanan bagi pejalan kaki.

Guna menambah keindahan dan nilai estetika di kawasan Kota Lama Kesawan, jelas Endar, juga dilakukan ducting utility (pembenahan kabel jaringan). Dengan ducting utility, seluruh jaringan kabel dimasukkan dalam tanah sehingga tidak semrawut seperti saat ini.

"Saat ini semua dalam pengkajian tim dari Kemeterian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) RI,” jelas Endar seraya menambahkan Kementerian PUPR juga akan melakukan penataan infrastruktur Kota Lama Kesawan.(imc/bsk)

Komentar

Berita Terkini