|

Pesta Tugu Jadi Momentum Awal 'Event Nasional'

Bupati Eddy, Ketua TP PKK didampingi, Kapolres serta Dandim 02/06 usai menerima cenderamata dari Raja Raja Turpuk Pomparan Raja Silahisabungan.  (foto : nt) 

INILAHMEDAN - Silahisabungan : Bupati Dairi Eddy Keleng Ate Berutu turut serta pada Pesta Partangiangan dan Budaya Luhutan Bolon Parsadaan Ualu Turpuk Pomparan Raja Silahisabungan Bolahan Amak Dabariba Raja atau yang lebih dikenal dengan 'Pesta Tugu' yang dilaksanakan selama 2 hari yakni, 13 dan 14 November 2021 di Tugu Silahisabungan, Kecamatan Silalahi.         

Bupati Eddy mengatakan sejak Kabupaten Dairi memasuki PPKM level 2 panitia giat mempersiapkan pelaksanaan pesta tahunan dan karena pencapaian vaksinasi Kecamatan Silahi Sabungan sudah mencapai 75% ditambah Kabupaten Dairi berada pada PPKM level 1 maka Pesta Tugu dapat diselenggarakan.  

Eddy Berutu juga menyampaikan apresiasi kepada seluruh Raja Turpuk Pomparan Silahisabungan serta seluruh masyarakat Silalahi atas konsistensi yang ditunjukkan melalui rangkaian kegiatan tersebut sehingga terlaksana dengan baik.

Bupati menyebut, acara tahunan itu sudah tertunda sejak tahun lalu karena pandemi covid-19. Disebutkan, kegiatan agenda tahunan tersebut merupakan ajang silaturahmi serta ucapan syukur yang bertujuan untuk menjaga kelestarian budaya.

" Kita kembali bisa melaksanakan kegiatan yang sangatlah ditunggu-tunggu setiap tahunnya dan sangat terkenal dengan namanya 'Pesta Tugu'. Saya mengapresiasi atas konsistensi yang ditunjukkan oleh seluruh Raja Turpuk Pomparan Silahisabungan serta seluruh masyarakat Silalahi. Ini merupakan suatu prestasi terlebih di pandemi covid-19 saat ini," ujarnya. 

Pemerintah Kabupaten Dairi akan mengusulkan agar kegiatan tersebut nantinya bisa menjadi agenda tahunan nasional. Yang akan mengembangkan sarana prasarana wisata di Silalahi sehingga bisa dinikmati oleh masyarakat seluruh Indonesia bahkan luar negeri.

" Kita harus tetap pelihara kerukunan seperti hari ini, jalinan antar masyarakat menjadi harapan dengan kekompakan untuk kemajuan Kabupaten Dairi terkhusus di seputaran Tao Silalahi," sebutnya.  

Pemerintah Kabupaten Dairi akan mengusulkan kepada pemerintah pusat agar kiranya kegiatan Pesta Tugu ini nantinya bisa menjadi agenda tahunan nasional yang bisa disaksikan oleh wisatawan dari seluruh Indonesia maupun luar negeri. 

" Maka dari itu, Saya atas nama pemerintah kabupaten Dairi mengajak kita semua untuk mari bergotong royong memajukan Dairi yang Unggul," pungkasnya.  (imc/nt) 


Komentar

Berita Terkini