-->
    |

Pelatihan Digital Media Reporter, Ketua PWI Sumut: Insan Pers Harus Cepat Beradaptasi

Ketua PWI Sumut terpilih Farianda Putra Sinik saat menjadi pembicara pada pelatihan Thematic Academy Digital Media Reporter BBPSDMP Kominfo Medan di Hotel Miyana, Rabu (03/11/2021). (foto: bsk) 


INILAHMEDAN - Medan: Ketua PWI Sumatera Utara terpilih Farianda Putra Sinik mengatakan pergeseran media dari media cetak menuju media digital sangat pesat. Oleh sebab itu, Farianda menekankan kepada insan pers harus cepat beradaptasi di era digitalisasi saat ini.

"Kita sudah harus berani memasuki era digital termasuk dalam pengelolaan media massa. Kita harus cepat beradaptasi," kata Farianda Putra Sinik saat menjadi pembicara pada kegiatan pelatihan Thematic Academy Digital Media Reporter yang dilaksanakan Kementerian Kominfo RI melalui BBPSDMP Kominfo Medan di Hotel Miyana, Deliserdang, Sumatera Utara, Rabu (03/11/2021).

Pada pelatihan yang berlangsung selama tiga hari mulai 3 November sampai 5 November itu, Farianda menekankan kepada pengelola media konvensional sudah harus berani dalam menghadapi perubahan-perubahan termasuk memasuki media digital yang penyebaran informasi bisa cepat dan dapat diakses ke penjuru dunia.

"Kebiasaan kita (media konvensional) untuk bergeser membuat kita jadi bingung. Perubahan ini memang tidak mudah. Tapi sudah menjadi keharusan bagi pengelola media agar tetap eksis," kata owner Harian Medan Pos ini.

Farianda tidak menafikan keberadaan media digital dalam menyampaikan informasi sangat cepat. Meski begitu, pengelola media digital juga dalam menyampaikan informasi ke publik tetap juga butuh kecermatan dalam penyampaian informasi tersebut.

"Tetap juga kode etik jurnalistik yang profesional penting dijalankan. Misalnya melakukannya ferivikasi data sebelum informasi itu disampaikan ke publik," katanya.

Untuk meningkatkan jurnalistik profesional, kata Farianda, PWI Sumut akan melaksanakan program peningkatan sumber daya manusia bagi anggota PWI dengan membentuk lembaga pendidikan jurnalistik.

"Sasaran kita nantinya akan lahir insan pers PWI yang profesional khususnya di bidang media digital. Termasuk juga menjadikan Kmwartawan PWI yang berkarakter dan beretika," kata Farianda.

Narasumber lain pada pelatihan itu yakni Harvina Zuhra dari Kominfo Sumut dan moderator pada pelatihan yakni Sugiatmo, perwakilan PWI Sumut. (imc/bsk)




Komentar

Berita Terkini