-->
    |

Bupati Hadiri Kick Off Budidaya Kopi Guna Tingkatkan Produktivitas

Bupati Dairi Eddy Keleng Ate Brutu bersama para Gapoktan. (foto : dok) 

INILAHMEDAN
- Sumbul : Bupati Dairi Eddy Keleng Ate Berutu menghadiri kegiatan Kick Off dan Pelatihan Budidaya Good Agriculture Practise Kopi, Klaster Kopi Gapoktan Berkarya Kabupaten Dairi binaan Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumatera Utara di Desa Perjuangan Kecamatan Sumbul pada Selasa (02/11/21).

Bupati mengatakan kegiatan itu adalah program yang dirindukan oleh pemerintah dan masyarakat dalam membantu untuk mengembangkan produktivitas pertanian kopi di Kabupaten Dairi. 

" Ini adalah sejarah dan tonggak baru dalam perindustrian kopi di Kabupaten Dairi. Dengan adanya Kick Off ini, kita akan kejar tingkat produksi Kopi Sidikalang," ujarnya. 

Dikatakan, jika budidaya kopi itu dikelola secara baik, maka kesejahteraan para petani akan meningkat dengan harapan 2 tahun dari sekarang banyak anggota Gapoktan yang berhasil. 

Pemkab Dairi, katanya, senantiasa mencari cara dan terobosan dalam upaya meningkatkan kesejahteraan petani yakni salah satunya melalui kerjasama dengan Bank Indonesia. 

Bank Indonesia sepakat dengan Pemkab Dairi untuk mendatangkan para ahli dalam upaya peningkatan produksi kopi. Apa yang kita lakukan ini akan menjadi percontohan bagi kelompok tani lain di Kabupaten Dairi. Gapoktan ini terpilih dengan proses yang panjang oleh Bank Indonesia dan Dinas Pertanian. 

" Maka kita harus memberikan contoh yang terbaik kepada petani yang lainnya, Saya berharap para bapak ibu Gapoktan semangat dalam memberikan contoh yang terbaik tersebut," imbuhnya. 

Ia juga mengatakan untuk pelatihan budidaya kopi tersebut akan berlangsung dari 2021 hingga 2026 yang akan didampingi oleh BI hingga bisa mandiri melakukan budidaya kopi yang baik.  

Sehingga Kabupaten Dairi akan semakin terkenal dengan kopinya sesuai standar good agriculture practices yang telah ditetapkan. (imc/nt) 



Komentar

Berita Terkini