|

PIMNAS Ke-34 USU Resmi Dibuka, 735 Tim Siap Berkompetisi

Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) Ke-34 di Universitas Sumatera Utara (USU) secara resmi dibuka, Selasa (26/10/2021) di Halaman Biro Rektor USU, Kampus Padangbulan, Medan.(foto: vera)


INILAHMEDAN - Medan: Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) Ke-34 di Universitas Sumatera Utara (USU) secara resmi dibuka, Selasa (26/10/2021) di Halaman Biro Rektor USU, Kampus Padangbulan, Medan. 

Diisi dengan ragam tarian 8 etnis khas Provinsi Sumatera Utara oleh para mahasiswa, di atas panggung megah, warna-warni sorot lampu, para VVIP, pimpinan universitas dan tamu undangan menekan tombol tanda dibukanya PIMNAS ke-34 USU.

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Nadiem Anwar Makarim dalam sambutannya secara virtual mengucapkan selamat bertanding kepada 735 tim dari 108 perguruan tinggi yang menjadi finalis. 

“Saya tunggu gagasan-gagasan riset dan inovasinya. Karena menyambut momen Sumpah Pemuda, ini adalah waktu yang tepat bagi para mahasiswa untuk saling berkolaborasi membangun negeri,” ujarnya.

Nadiem juga mengingatkan kepada mahasiswa-mahasiswa di seluruh Indonesia untuk ikut program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Sebab program MBKM akan mendorong kreativitas dan inovasi sehingga membentuk karakter dan potensi diri.

Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi Nizam yang hadir di lokasi acara mengatakan, PIMNAS pada 2021 merupakan PIMNAS kedua yang digelar secara hybrid.

Ia menjelaskan, membentuk Indonesia Emas dan kemajuan ekonomi, Indonesia membutuhkan sumber daya yang unggul. “Ekonomi kita ke depan akan ditopang dengan kreativitas dan inovasi,” katanya.

Indonesia, kata Nizam, memiliki DNA yang spesifik dalam bidang kreativitas, karenanya di Indonesia banyak keanekaragaman seni dan budaya. Keragaman musik, keragama pakaian adat, keragaman syair menandakan bahwa kreativitas orang Indonesia sangat tinggi.

iNzam menegaskan, bahwa mahasiswa yang berkompetisi di PIMNAS USU merupakan para finalis yang sejatinya sudah juara karena telah melewati rangkaian proses seleksi yang berjenjang. 

Rektor USU Muryanto Amin dalam sambutannya mengucapkan selamat berkompetisi kepada 735 tim mahasiswa yang berasal dari 108 perguruan tinggi se Indonesia. 

“Kompetisi ini merupakan ajang untuk memperjuangkan ide dan gagasan, dan yang terpenting adalah sebagai wujud komitmen kita dalam membangun bangsa dan negara,” ujarnya.

Rektor mengatakan, tema PIMNAS ke-34 di USU sengaja mengangkat tema Menuju Indonesia Emas Melalui Kolaborasi untuk Inovasi dalam Bingkai Kearifan Lokal  sebab kearifan lokal menjadi kekayaan bangsa yang harus dikembangkan hingga bisa bercita rasa internasional.

Rektor juga berharap PIMNAS mampu menggugah dan menyalakan api semangat para mahasiswa untuk lebih aktif dalam berkreativitas, pengembangan ilmu, riset dan inovasi yang hasilnya bisa digunakan untuk membangun bangsa dan negara.(imc/vera)

Komentar

Berita Terkini