-->
    |

Masyarakat Lakukan Ritual Di Silalahisabungan Danau Toba Dairi

Ritual penghormatan bagi leluhur salah satu daya tarik dalam meningkatkan kunjungan wisatawan di Kecamatan Silalahisabungan, Kabupaten Dairi. (foto : nt)

INILAHMEDAN
- Dairi : Masyarakat melakukan ritual permohonan doa mangelek leluhur (membujuk) agar penduduk sekitar Tao Silalahi berkelimpahan sejahtera baik dari pertanian terlebih dari pariwisata, Minggu (24/10/21), 

Oleh karenanya, Kecamatan Silalahisabungan diharapkan menjadi daerah pariwisata yang diminati wisatawan lokal, hingga manca negara dan muaranya menjadi peningkatan ekonomi bagi semua penduduk sekitar Tao Silalahi.

Doa-doa seperti itu, hahomion (mangase tao), menjadi peristiwa (event) penghormatan bagi leluhur penghuni tao agar penduduk Silalahisabungan diberi hasil pertanian yang melimpah dan hasil kunjungan wisatawan memberi kesejahteraan bagi penduduk kecamatan Silalahisabungan.

Camat Silalahisabungan Hamaska Silalahi mengatakan kegiatan Hahomion Mangase Tao itu terlaksana dilatarbelakangi situasi covid-19 yang melanda dunia yang berdampak bagi semua warga dunia terlebih bagi penduduk yang bermukim di daerah wisata seperti Kecamatan Silalahisabungan.

Acara Pesona Beriman dalam Budaya dimulai tepat pukul 12.00 siang, diawali dengan menyambut kehadiran Bupati dan ibu serta rombongan dari Kabupaten dengan tor tor (tari-tarian) dari anak anak Sanggar Gracia asuhan Sondang Sihombing (isteri Raja Turpuk Silalahi Rumasondi).

Anak-anak manortor bersama Raja Turpuk, Camat, Kepala Desa dan membawa bupati, ibu dan rombongan ke tempat pelaksanaan Hahomion Mangase Tao yang telah disiapkan di sekitar Dermaga Tao Silalahi.

Di lokasi hahomion, meja doa, makanan nuansa adat budaya Silalahisabungan, (habbing putih) sakral dan mistis.

Bupati dan rombongan, Raja Turpuk bersama istri, camat bersama istri, kepala desa atau yang mewakili duduk dan berdiri bersama menghadap meja doa dan dengan hikmat melakukan ritual Hahomion Mangase Tao yang dibawakan oleh salah seorang Raja Turpuk Silalahi Sidabariba, Jala M Sidabariba.

Doa dan permohonan dipanjatkan dengan alunan kalimat doa puja dan puji bagi Tuhan yang maha Esa. Penghormatan bagi leluhur diucapkan dengan seruan indah permohonan yang mengharapkan huta Silalahi Nabolak, penduduk setempat dan pengunjung yang hadir di Silalahisabungan dalam perlindungan-NYA. 

Dan diberkati dengan segala kebaikan, pertanian menghasilkan panen melimpah, keindahan Tao Silalahi menjadi objek wisata yang membawa penduduk setempat sejahtera serta terhindar dari bala dan marabahaya.

Hadir pula dalam kegiatan Hahomion Mangase Tao tersebut Bupati Dairi, Ketua PKK Dairi, Camat Kecamatan Silalahisabungan dan Ketua PKK Kecamatan Silalahisabungan. 

Kepala Desa dan yang mewakili Kepala Desa se-Kecamatan Silalahisabungan, 5 Raja Turpuk dari 8 Raja Turpuk yaitu Raja Turpuk Silalahi Rumasondi, Sidabutar, Sidabariba, Pintu batu dan Tambunan. (imc/nt/am)


Komentar

Berita Terkini